Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misteri Makhluk Tak Punya Anus Berusia 500 Juta Tahun Akhirnya Terpecahkan, Makhluk Apa Itu?

Kompas.com - 19/08/2022, 19:31 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Editor


KOMPAS.com - Akhirnya, setelah bertahun-tahun, sekelompok ilmuwan dapat memecahkan misteri evolusi makhluk mikroskopis berduri yang memiliki mulut tapi tidak punya anus berusia 500 juta tahun.

Fosil kecil dari bintang laut yang tampak seperti karung ini ditemukan pada tahun 2017. Saat ditemukan, diperkirakan kemungkinan adalah nenek moyang manusia paling awal yang sejauh ini diketahui.

Dikutip dari BBC Indonesia, Jumat (19/8/2022), hewan purba tersebut dikenal dengan nama Saccorhytus coronarius dan sempat ditempatkan ke dalam kelompok yang disebut deuterostom.

Binatang ini diyakini adalah nenek moyang paling primitif dari kelompok vertebrata, termasuk manusia.

Namun, dalam sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa Saccorhytus seharusnya termasuk dalam kelompok hewan yang sama sekali berbeda.

Baca juga: Makhluk Aneh Mirip Bunga Bertentakel Berkeliaran di Kedalaman Laut Pasifik, Apa Itu?

Studi gabungan untuk mengungkap misteri makhluk mikroskopis tak punya anus ini juga dilakukan peneliti asal China dan Inggris. Mereka melakukan analisis sinar-X yang sangat rinci terhadap makhluk tersebut.

Para peneliti ini menyimpulkan bahwa makhluk ini termasuk kelompok yang disebut ecdysozoans, yang diyakini merupakan nenek moyang laba-laba dan serangga.

Kendati demikian, sumber kebingungan perihal sejarah evolusi ini adalah tidak adanya anus pada hewan misterius tersebut.

"Agak membingungkan. Kebanyakan binatang dalam kelompok ecdysozoans memiliki anus, jadi mengapa yang ini tidak?" kata Emily Carlisle, seorang peneliti yang mempelajari Saccorhytus secara rinci, kepada BBC Radio 4's Inside Science.

Jawaban yang kemudian memancing rasa ingin tahu selanjutnya, kata Carlisle, adalah bahwa nenek moyang yang lebih awal dari kelompok binatang ini tidak memiliki anus. Selanjutnya, menurut dia, Saccorhytus berevolusi setelah itu.

"Bisa jadi dia kehilangan anus selama evolusinya sendiri. Mungkin dia tidak membutuhkannya karena dia hanya bisa duduk di satu tempat dengan satu celah untuk semuanya," ujar Carlisle menjelaskan misteri evolusi makhluk mikroskopis misterius ini.

Baca juga: Fosil Makhluk Aneh Mirip Ikan Disebut sebagai Nenek Moyang Manusia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com