Makhluk Aneh Mirip Bunga Bertentakel Berkeliaran di Kedalaman Laut Pasifik, Apa Itu?

Kompas.com - 29/07/2022, 11:03 WIB

KOMPAS.com - Sebuah rekaman video menunjukkan keberadaan makhluk aneh mengambang lesu di kedalaman Samudra Pasifik.

Makhluk yang terlihat seperti bunga yang bertentakel itu kemudian membuat para peneliti terkesima, sekaligus mempertanyakan apakah yang mereka lihat merupakan spesies baru.

Tim ilmuwan melihat hewan aneh tersebut saat berada di atas E/V Nautilus, sebuah kapal penelitian yang digunakan oleh Ocean Exploration Trust, sebuah organisasi nirlaba yang melakukan penelitian di laut dalam.

"Saya terkesima melihat makhluk tersebut saat kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) memindai dasar laut dan beringsut lebih dekat ke pemandangan aneh itu," ungkap salah satu ilmuwan yang menyaksikan mahluk aneh ini.

Baca juga: Kontroversi Monster Laut 520 Juta Tahun yang Punya 8 Tentakel di Mulut

Beberapa saat kemudian, ilmuwan melihat lagi makhluk eksentrik lain di dekatnya, namun tak dapat merekamnya.

Dikutip dari Science Alert, Rabu (27/7/2022) penampakan makhluk laut ini memang terbilang cukup aneh.

Makhluk memiliki semacam tentakel yang memanjang 40 sentimeter dan satu polip dengan tentakel berduri yang menutupinya seperti kelopak runcing, membuat makhluk tersebut menyerupai bunga sangat aneh yang bisa berenang bebas.

Temuan mahkluk bunga bertentakel ini terjadi pada 7 Juli lalu, di bawah permukaan dekat gunung bawah laut yang sebelumnya belum dijelajahi di utara Johnston Atoll.

Wilayah tersebut merupakan wilayah AS yang tak tergabung dengan Suaka Margasatwa Nasional di Samudra Pasifik di sebelah barat Hawaii.

Para peneliti awalnya menduga bahwa mereka telah berpapasan dengan Solumbellula monocephalus atau juga dikenal sebagai pena laut Solumbellula, yang merupakan bagian dari filum Cnidaria yang mencakup ubur-ubur, hydra, dan karang.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.