Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fosil Makhluk Aneh Mirip Ikan Disebut sebagai Nenek Moyang Manusia

Kompas.com - 27/05/2022, 09:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Fosil makhluk misterius yang telah punah dan membingungkan para ilmuwan selama lebih dari satu abad akhirnya menemukan tempatnya di pohon kehidupan. Makhluk aneh yang wujudnya mirip ikan ini pun disebut sebagai nenek moyang manusia.

Hewan kecil mirip ikan ini bernama Palaeospondylus gunni, pertama kali ditemukan dalam fosil di Skotlandia pada tahun 1890, yang hidup sekitar 390 juta tahun yang lalu selama Devon Tengah.

Sekarang, menurut analisis baru dari fosil yang terawetkan dengan baik, para ilmuwan berpikir bahwa itu adalah salah satu nenek moyang paling awal dari tetrapoda, yakni hewan dengan empat anggota badan, termasuk manusia.

"Hewan aneh ini telah membingungkan para ilmuwan sejak penemuannya pada tahun 1890 sebagai teka-teki yang tidak mungkin dipecahkan," kata fisikawan Daisy (Yuzhi) Hu dari Australian National University.

Dikutip dari Science Alert, Kamis (26/5/2022), ada beberapa alasan mengapa mengklasifikasikan hewan ini sangat bermasalah.

Baca juga: Fosil Naga Laut Ditemukan di Dasar Waduk di Inggris, Apa Itu?

Fosil makhluk aneh mirip ikan ini cukup berlimpah, tetapi karena Palaeospondylus sangat kecil, dan fosilnya sangat rusak, merekonstruksi anatomi tengkoraknya menjadi sangat sulit.

Plus, anatominya berbagi fitur dengan ikan berahang dan tidak berahang. Selain itu, juga kurangnya gigi dan tulang dermal yang diawetkan dalam catatan fosil.

Tim peneliti, yang dipimpin oleh ahli paleontologi Tatsuya Hirasawa dari Universitas Tokyo dan RIKEN di Jepang, pun berusaha mengatasi masalah ini dengan mencari spesimen dengan bagian kepala yang masih tertanam kuat dan tersembunyi di dalam batu.

Ini berarti bahwa kepala hewan kemungkinan jauh lebih utuh dibandingkan dengan fosil dengan kepala terbuka.

Untung saja peneliti berhasil menemukan fosil dengan spesifikasi yang mereka inginkan.

Para peneliti kemudian menyelidiki fosil makhluk aneh mirip ikan yang disebut nenek moyang manusia tersebut dengan sinar-X micro-computed tomography yang memungkinkan mereka mencitrakan fosil dalam resolusi baik tanpa merusaknya.

Baca juga: Dijuluki Kapal Induk, Fosil Makhluk Laut Berusia 506 Juta Tahun Ditemukan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com