Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Terkini Magnitudo 5,8 Guncang Bengkulu, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 20/07/2022, 09:20 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik magnitudo 5,8 yang mempunyai parameter update magnitudo 5,5 mengguncang wilayah Samudra Hindia pantai barat Sumatera, Bengkulu, Rabu (20/7/2022). Gempa terkini ini terjadi pada pukul 06.45 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episenter gempa hari ini di Bengkulu terletak pada koordinat 4,33° LS dan 101,95° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 64 km arah barat daya Kota Bengkulu pada kedalaman 56 km.

Dilansir dari informasi resmi, gempa Bengkulu ini berjenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hal ini berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

Adapun hasil analisis gempa Bengkulu, menurut BMKG l, mekanisme sumber gempa menunjukkan bahwa gempa bumi Bengkulu ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Baca juga: Gempa Terkini 5,4 Magnitudo Guncang Bengkulu, Ini Analisis BMKG

Dampak gempa bumi Bengkulu

Berdasarkan analisis gempa Bengkulu hari ini, guncangan gempa tersebut dirasakan di berbagai daerah dengan skala intensitas bervariasi sebagai berikut:

1. Kota Bengkulu dengan skala intensitas IV-V MMI (getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti)

2. Kepahiang, Bengkulu Utara dengan skala intensitas III - IV MMI (pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi)

3. Muko-muko, Krui dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu),

4. Guncangan gempa Bengkulu hari ini juga dirasakan di Muara Dua, Lubuk Linggau, Musi Rawas dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,2 Guncang Bengkulu Terasa hingga Sumatera Selatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com