Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potensi Hujan Hari Ini, Berikut Daftar Wilayah di Indonesia Berpeluang Hujan

Kompas.com - 20/07/2022, 13:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Meskipun sudah memasuki musim kemarau, tetapi potensi hujan masih kerap terjadi belakangan ini di sejumlah wilayah di Indonesia, dan masih berpeluang terjadi hari ini, Rabu (20/7/2022) sampai besok, Kamis (21/7/2022).

Terkait hal ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang bisa terjadi berupa hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai pula dengan angin kencang dan kilat atau petir.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, potensi cuaca ekstrem ini masih bisa terjadi akibat pengaruh sirkulasi siklonik dan daerah konvergensi.

Sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia sebelah timur laut Papua dan di perairan sebelah barat Sumatera yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi) di perairan sebelah barat Lampung, dan di Pesisir barat Sumatera Barat.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang di Sumatera Utara, di pesisir barat lampung, di Pesisir selatan Jawa Barat, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Barat bagian selatan, di Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, di Sulawesi bagian tengah, dari Sulawesi Tenggara hingga Selat Makassar, di Gorontalo, di perairan sebelah utara Maluku Utara dan di Papua bagian utara.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan peningkatan tinggi gelombang di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut,” jelasnya.

Baca juga: Daftar Wilayah Waspada Potensi Hujan dan Banjir Rob pada 21-23 Juni

Berikut daftar wilayah yang berpeluang terjadi hujan lebat yang dapat disertai angin kencang dan kilat atau petir dua hari ini, pada tanggal 20-21 Juli 2022.

Potensi hujan lebat Rabu, 20 Juli 2022

Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, Papua, Riau, DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Potensi hujan lebat Kamis, 21 Juli 2022

Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, Papua, dan Sulawesi Utara.

Sementara untuk daerah yang berpotensi terjadi angin kencang dalam dua hari ini yaitu Nusa Tenggara Barat dan Maluku.

Bagi Anda yang berada di daerah yang disebutkan di atas, sebaiknya mewaspadai potensi cuaca ekstrem tersebut yang berpeluang meningkatkan risiko terjadinya bencana hidrometeorologi.

Beberapa jenis bencana hidrometeorologi yang bisa terjadi akibat cuaca ekstrem seperti hujan lebat, di antaranya dapat berpotensi menyebabkan banjir, banjir bandang, banjir rob, pohon tumbang, jalanan licin dan tergenang, gelombang laut tinggi dan lain sebagainya.

Baca juga: Waspada Potensi Hujan dan Gelombang Tinggi pada Malam Natal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com