Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/07/2022, 20:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Apa perbedaan antara Arktik dan Antartika? Pertanyaan ini mungkin kerap muncul dipikiranmu. Keduanya sama-sama lautan es. Berikut adalah perbedaannya Arktik dan Antartika.

Geografi

Secara geografi, Arktik dan Antartika adalah dua wilayah yang berbeda. Arktik berada di kutub utara, sementara Antartika berada di kutub selatan. Selain itu, kedduanya memiliki karakter yang berbeda. Artik adalah lautan yang ditutupi oleh selapis es yang tebal seolah membentuk pulau. Sedangkan Antartika adalah daratan yang diselimuti es tebal yang berasal dari saju yang telah turun selama bertahun-tahun.

Walaupun Arktik adalah lapisan es tebal, namun es yang membentuk pulau di sana tidak mudah mencair. Hal ini disebabkan karna setiap ada es baru cenderung bertabrakan dan bersatu membentuk es yang lebih tebal menjadi bukit es. Pada musim panas, terdapat sebagian kecil es yang mungkin mencair, namun sebagian besar akan tetap utuh dan kokoh.

Es di Antartika cenderung lebih mudah mencair. Antartika pada dasarnya adalah daratan, sehingga ketika terjadi tuburukan dengan es lain, maka tidak akan membentuk bukit es. Ini membuat es yang terbentuk di atas Antartika juga relatif lebih tipis dibandingkan di Arktik.

Cuaca

Walaupun keduanya sama-sama berada di kutub Bumi, Arktik dan Antartika memiliki karakter cuaca yang berbeda.

Arktik merupakan tempat yang paling bersalju dan dipenuhi dengan es pada musim dingin. Pada puncak musim dingin, suhu di Arktik bisa mencapai -20 derajat Celsius. Suhu ini membuat permukaan Arktik menjadi tundra yang hanya dihidupi oleh lumut dan tidak ada pohon yang bisa hidup di sana.

Antartika adalah tempat yang paling berangin, dingin, dan kering di permukaan Bumi. Sebesar 98 persen daratan Antartika ditutupi oleh salju dan pegunungan. Puncak pegunungan tertinggi di Antartika madalah Gunung Vinson dengan ketinggia 4.892 meter. Pada musim dingin, suhu di Antartika bisa mencapai -89,2 derajat Celsius. Dengan cuaca deperti ini, hanya ada dua jenis bunga yang bisa tumbuh di Antartika.

Baca juga: Akibat Es Laut Arktik Mencair, Beruang Kutub Kejar dan Mangsa Rusa

Hewan yang hidup di sana

Hewan yang hidup di Arktik lebih beragam dibandingkan yang hidup di Antartika. Hewan yang bisa kamu temui di Arktik antara lain beruang kutub, rusa kutub, burung elang, walrus, dan 17 spesies paus.

Antartika memiliki lebih sedikit jenis hewan dan sebagian besar adalah hewan semiakuatik. Mereka hanya akan berada di darat untuk beristirahat dan menyelam untuk mencari makan. Contohnya adalah Penguin Adelie, penguin kaisar, dan anjing laut.

Populasi

Walaupun sangat dingin, suhu di Arktik masih bisa ditinggali dengan nyaman. Sebanyak 4 juta populasi mendiami wilayah ini. Sementara Antartika tidak benar-benar memiliki populasi tetap karena suhunya yang cukup ekstrem. Orang yang tinggal di Antartika umumnya adalah peneliti dan hanya sementara saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com