Kompas.com - 29/11/2021, 20:01 WIB
Beruang kutub tertangkap kamera untuk pertama kalinya mengejar rusa dan memangsanya. Akibat es laut Arktik yang terus mencair menyebabkan beruang kutub kesulitan mendapatkan mangsanya, yakni anjing laut. Polish Scientific Station via PHYSBeruang kutub tertangkap kamera untuk pertama kalinya mengejar rusa dan memangsanya. Akibat es laut Arktik yang terus mencair menyebabkan beruang kutub kesulitan mendapatkan mangsanya, yakni anjing laut.


KOMPAS.com - Es lau Arktik terus mencair dan memberi berbagai akibat pada satwa di Kutub Utara. Salah satunya, saat seekor beruang kutub tertangkap kamera mengejar rusa kutub.

Namun, yang mengagetkan dari pengejarannya itu, ternyata berhenti dengan adegan si beruang yang melahap rusa kutub.

Ini adalah pertama kalinya perilaku beruang kutub memakan rusa itu terdokumentasikan.

Lalu, mengapa beruang tersebut menyantap rusa, alih-alih anjing laut yang merupakan sumber makanan utamanya?

Mengutip Phys, Senin (29/11/2021) es di laut Arktik mencair yang rupanya menyebabkan perubahan pola makan pada beruang kutub ini.

Adegan perburuan rusa kutub itu terjadi di kepulauan Svalbard, Norwegia pada 21 Agustus 2020.

Di musim panas, es Laut Arktik surut dan membawa serta anjing laut yang menjadi sumber makanan utama beruang kutub.

Baca juga: Es Kutub Kian Menyusut, Beruang Kutub Terancam Punah Pada 2100

 

Sebuah tim peneliti dari stasiun ilmiah Polandia yang sedang berada di sana menyaksikan perburuan itu dan mengabadikan untuk pertama kali seekor beruang kutub sedang berburu rusa kutub di perairan es laut Arktik.

Peneliti menyaksikan seekor beruang kutub betina mengejar rusa jantan ke dalam perairan es, menangkap, dan menenggelamkannya kemudian menariknya ke pantai dan memakannya.

"Seluruh situasinya sangat menakjubkan sehingga seperti menonton film dokumenter," kata Izabela Kulaszewicz, ahli biologi dari Universitas Gdansk.

Adegan yang tak biasa itu kemudian membuat Kulaszewicz memutuskan untuk menuliskan temuan itu bersama Polar Biology bersama dua peneliti lainnya.

Mereka berpendapat bahwa kejadian itu adalah salah satu dari serangkaian pengamatan yang menunjukkan beruang kutub semakin hari memilih memangsa hewan darat, akibat terbatasnya akses mereka ke anjing laut, seiring dengan mencairnya es laut Arktik.

Baca juga: Lautan Es Berubah, Beruang Kutub Semakin Terancam

Halaman:


Video Pilihan

Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.