Ameer Azzikra Meninggal Dunia karena Pneumonia, Begini Cara Mencegah Penyakit Ini

Kompas.com - 29/11/2021, 14:01 WIB
Ameer Azzikra Instagram @ameer_azzikraAmeer Azzikra


KOMPAS.com - Putra kedua mendiang Ustaz Arifin Ilham, Ameer Azzikra meninggal dunia Senin (29/11/2021). Menurut kerabatnya, Ameer mengidap sakit pneumonia akut dan infeksi ginjal.

Kabar duka meninggalnya Ameer Azzikra disampaikan oleh kakaknya, Alvin Faiz melalui akun Instagram @alvin_411.

"Innalilahiwainnailaihirojiun, telah wafat adik kami tersayang Muhammad Amer Azzikra @ameer_azzikra," tulis Alvin.

Sebelumnya, seperti diberitakan Kompas.com, Ameer sempat mengatakan kepada sahabatnya, aktor Syakir Daulay, bahwa ia memiliki masalah kesehatan pada paru-parunya.

Sakit pneumonia dan infeksi ginjal yang dialami Ameer Azzikra, dikonfirmasi oleh kerabatnya, Hanny Kristianto melalui channel YouTube Intens Investigasi.

Terkait penyakit ini, pneumonia adalah infeksi saluran pernapasan akut yang menyerang organ paru-paru. Di dalam organ ini terdiri dari kantung-kantung kecil yang disebut alveoli, yang terisi udara saat orang sehat bernapas.

Baca juga: Ameer Azzikra Meninggal karena Pneumonia, Ketahui Penyebab hingga Gejalanya

 

Namun, pada orang yang menderita pneumonia seperti yang dialami Ameer Azzikra, alveoli akan dipenuhi dengan nanah dan cairan, sehingga membuat pernapasan terasa sakit dan asupan oksigen menjadi terbatas.

Penyakit pneumonia dapat menimbulkan gejala ringan, bahkan dapat mengancam jiwa.

Bahkan, penyakit ini juga bisa sangat berbahaya bagi anak-anak dan bayi, orang berusia lebih dari 65 tahun, serta orang dengan masalah kesehatan atau yang memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Menurut situs Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pneumonia menyumbang 14 persen semua kematian anak di bawah 5 tahun, yang menewaskan 740.180 anak pada tahun 2019.

Lantas, apa penyebab pneumonia?

Pneumonia dapat disebabkan oleh jamur, bakteri dan virus.

Bakteri penyebab pneumonia umumnya disebabkan oleh Streptococcus pneumococcus, akan tetapi bakteri lain juga bisa menyebabkan penyakit ini.

Ameer Azzikra meninggal dunia karena pneumonia. Kendati pneumonia yang diidap oleh Ameer tidak diketahui disebabkan oleh patogen apa, namun, sebagian besar kasus pneumonia banyak disebabkan oleh penyebaran bakteri dan virus.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Pneumonia pada Anak Menurut IDAI

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.