Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Terkini 5,4 Magnitudo Guncang Bengkulu, Ini Analisis BMKG

Kompas.com - 18/06/2022, 21:25 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa tektonik mengguncang wilayah Samudra Hindia Pantai Barat Sumatera, Bengkulu Selatan, Bengkulu pada Sabtu (18/6/2022) pukul 18.22 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,4.

Adapun episenter gempabumi terletak pada koordinat 5.05° LS dan 102,78° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 65 km arah timur laut Enggano, Bengkulu pada kedalaman 73 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng. Ini berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ujar Bambang kepada Kompas.com, Sabtu (18/6/2022).

Baca juga: Gempa Terkini Guncang Lampung M 5,3 Berpusat di Zona Seismic Gap

Dampak gempa Bengkulu hari ini

Gempa bumi yang terjadi berdampak dan dirasakan di beberapa daerah, seperti:

  • Daerah Kepahiang dengan skala intensitas IV-V MMI (getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun)
  • Daerah Kota Bengkulu, Seluma, dan Rejang Lebong dengan skala intensitas IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah)
  • Daerah Kaur dengan skala intensitas III-IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah)
  • Daerah Liwa dan Muko-Muko dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu)
  • Daerah Sekincau dan Pesisir Barat dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)

Bambang menambahkan, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Terkait dengan gempa susulan, hingga pukul 18.45 WIB belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) di Bengkulu

Baca juga: Gempa Terkini M 5,0 Guncang Dompu NTB, Tak Berpotensi Tsunami

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, diminta agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Sebelum kembali ke dalam rumah, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau pun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan.

Informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui media sosial @infoBMKG, website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com