Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SpaceX Akan Luncurkan Tiga Roket Akhir Pekan Ini, Apa Saja?

Kompas.com - 17/06/2022, 18:30 WIB
Mela Arnani,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber space.com

KOMPAS.com - SpaceX akan meluncurkan tiga roket akhir pekan ini dari tiga landasan berbeda mulai hari ini, Jumat (17/6/2022).

Peluncuran dimulai dengan mengirimkan 53 satelit internet Starlink ke orbit dari Pad 39A Kennedy Space Center NASA di Florida.

Setelah itu, peluncuran dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg California akan menyusul pada Sabtu (18/6/2022), untuk mengorbitkan satelit radar militer Jerman.

Misi ketiga kembali ke Florida, untuk meluncurkan satelit komunikasi komersial dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral.

Jika berhasil, peluncuran triple-play dapat menandai penerbangan back-to-back paling ketat oleh SpaceX, setelah perusahaan menerbangkan tiga misi pada 31 Januari hingga 3 Februari lalu.

Baca juga: Roket SpaceX Digunakan Lagi, Populasi Satelit Starlink di Orbit Bumi Bertambah

Peluncuran roket Falcon 9 yang disebut Starlink 4-19 pada 17 Juni 2022, akan melakukan penerbangan ke-13, menjadi pengorbitan terbanyak dari semua Falcon 9.

Pengangkatan dilakukan pada 12.08 EDT (1608 GMT), dengan tahap pertama Falcon 9 telah menerbangkan sembilan misi Starlink dan empat penerbangan komersial.

Menurut laporan Aviation Week pada 10 Juni 2022, saat ini perusahaan bertujuan untuk menerbangkan roket Falcon 9 setidaknya 15 kali sebelum menghentikannya, dengan sejauh ini SpaceX memiliki 21 roket Falcon di kandangnya.

Wakil presiden operasi dan integrasi pelanggan SpaceX Jessica Jensen mengatakan, komponen penerbangan Falcon 9 diuji hingga empat kali umur kelelahannya selama 15 misi.

Jika peluncuran pertama berjalan lancar, SpaceX akan melihat ke landasan peluncurannya di Vandenberg Space Force Base di California untuk meluncurkan SARah 1, satelit penginderaan jauh radar aperture sintetis untuk militer Jerman yang dibangun oleh Airbus.

"SARah adalah sistem pengintaian operasional baru yang terdiri dari beberapa satelit dan segmen darat, yang dikembangkan atas nama Bundeswehr Jerman," tulis Airbus.

Baca juga: Pertama Kalinya, NASA dan SpaceX Luncurkan Perjalanan Pribadi ke Luar Angkasa

Sebagai sistem penerus, SARah menggantikan sistem SAR-Lupe yang saat ini beroperasi. Sistem terbaru ini menawarkan kemampuan dan kinerja yang ditingkatkan secara signifikan.

Peluncuran SARah dijadwalkan pada 18 Juni 2022 pada pukul 10 pagi EDT (1400 GMT).

Begitu SARah 1 berada di orbit, perhatian SpaceX akan kembali ke Florida, di mana perusahaan berharap untuk meluncurkan satelit komunikasi Globalstar FM15 untuk Globalstar, menurut Spaceflight Now.

Misi itu akan lepas landas dari landasan SpaceX di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral pada pukul 12:30 EDT (0430 GMT) pada hari Minggu, 19 Juni.

Globalstar FM15 adalah satelit cadangan untuk jaringan satelit perpesanan dan relai data Globalstar, Spaceflight Now telah melaporkan

Baca juga: Peluncuran Kargo SpaceX CSR-25 Kembali Ditunda, Kenapa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com