Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin Moderna di Eropa Ditarik, BPOM Pastikan Vaksin Covid-19 Ini di Indonesia Aman Digunakan

Kompas.com - 28/04/2022, 15:01 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Sejumlah negara di Eropa menarik peredaran produk vaksin Covid-19 Moderna karena dugaan kontaminasi partikel asing. Namun, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan produk vaksin Covid-19 Moderna di Indonesia, aman digunakan dan tidak ada bets produk terkait di dalam negeri.

Berkaitan dengan informasi vaksin Moderna ditarik di Eropa, sebagian masyarakat di Indonesia juga turut khawatir terkait hal ini.

Namun, BPOM menegaskan bahwa vaksin Moderna di Indonesia yang diberikan kepada masyarakat selama ini aman dari kontaminasi partikel asing.

Hal ini dikarenakan, berdasarkan data importasi ke Indonesia, tidak terdapat pemasukan vaksin Covid-19 Moderna (Spikevax) dengan nomor bets 000190A.

Baca juga: Vaksin Moderna Dapat Izin BPOM, Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Berdasarkan isu penarikan vaksin Moderna di beberapa negara Eropa tersebut, BPOM telah melakukan sampling dan pengujian terjadap vaksin Covid-19 Moderna (Spikevax) produksi Rovi Pharma Industrial Service S.A., Spanyol yang masuk ke Indonesia.

“Hasilnya, tidak ditemukan adanya partikel asing, sehingga vaksin Covid-19 Moderna (Spikevax) tersebut memenuhi syarat pemberian untuk digunakan di Indonesia,” tulis BPOM dikutip Kompas.com dalam situs resminya, Rabu (27/4/2022).

Namun, BPOM juga menyebutkan bahwa pihaknya masih akan mengikuti perkembangan informasi terkait penarikan vaksin Covid-19 khususnya jenis Moderna (Spikevax) bets 000190A.

Penggunaan vaksin Moderna di Indonesia telah menjadi bagian dari program vaksinasi Covid-19 nasional. Vaksin mRNA ini juga digunakan sebagai vaksin booster, bersama beberapa jenis vaksin Covid-19 lain yang digunakan saat ini.

Baca juga: Produksi Vaksin Moderna dapat Dilanjutkan Setelah Insiden Kontaminasi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com