Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Janin 3 Bulan, Perkembangan Janin dan Gejala yang Dirasakan Ibu Hamil

Kompas.com - Diperbarui 27/12/2022, 09:57 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu hal yang diperhatikan dalam kehamilan adalah perkembangan janin. Waktu yang tidak kalah penting untuk memantau perkembangan janin adalah di usia 3 bulan.

Janin berusia 3 bulan adalah bulan terakhir dari trimester pertama dan memiliki peranan penting dalam perkembangan janin.

Pada usia ini, kehamilan berada dalam fase kritis sejak bulan pertama, dimana risiko keguguran berada pada tingkat paling tinggi.

Baca juga: Penemuan USG yang Selamatkan Jutaan Ibu Hamil dan Janin dari Kematian

Janin 3 bulan

Perkembangan janin 3 bulan secara umum terbagi menjadi dua perkembangan, yaitu minggu ke-9 sampai 10 dan minggu ke-11 sampai 12.

Pada bulan sebelumnya, kebanyakan organ yang terbentuk adalah organ dalam. Sedangkan pada bulan ini paling banyak perkembangan adalah organ luar.

Minggu ke-9 dan 10

Ukuran janin pada usia ini adalah sekitar 21 sampai 40 milimeter. Ekor yang terbentuk pada waktu sebelumnya akan menghilang.

Selain itu, jari tangan dan jari kaki juga akan tumbuh lebih panjang.

Salah satu aspek perkembangan terpenting pada fase ini adalah terhubungnya tali pusar bayi ke plasenta.

Tali pusar atau umbilical cord ini sangat penting untuk memberi nutrisi dan oksigen pada janin, serta membawa sisa metabolisme dari janin.

Minggu ke-11 dan 12

Pada fase ini, ukuran janin memiliki panjang 6 sampai 7,4 sentimeter. Selaput diantara jari bayi akan menghilang, serta kulit dan kukunya akan mulai tumbuh.

Organ lain yang tumbuh dan berkembang pada fase ini adalah kelenjar keringat.

Janin pada usia ini juga sudah bisa diketahui apakah janin tersebut akan menjadi bayi laki-laki atau perempuan.

Walaupun pada sebagian kehamilan sulit untuk melihat jenis kelamin janin melalui pemeriksaan USG. Selain itu, janin sudah mulai aktif bergerak, seperti mengepalkan tangan dan membuka mulut.

Baca juga: Janin 2 Bulan, Bagaimana Perkembangannya dan Pengaruh pada Ibu Hamil

Gejala hamil 3 bulan

Hamil 3 bulan masih merupakan bagian dari trimester awal. Oleh karena itu, gejala yang dirasakan saat kehamilan 3 bulan mirip dengan kehamilan 2 bulan.

Beberapa contoh gejala yang mungkin dirasakan pada fase ini antara lain mual, payudara terasa sakit, serta wajah mudah berjerawat.

Penting untuk tetap memperhatikan kesehatan ibu hamil pada bulan ini karena risiko keguguran masih cukup tinggi pada bulan ini.

Melansir Planned Parenthood, sekitar 15 persen kehamilan mengalami keguguran pada trimester pertama.

Baca juga: Awas, Paparan Asap Rokok pada Ibu Hamil Berisiko Menghambat Pertumbuhan Janin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com