Kompas.com - 21/04/2022, 20:30 WIB

KOMPAS.com - Sebuah studi mengungkapkan, kawanan gajah tak akan melambat untuk menunggu salah satu anggotanya yang baru saja melahirkan.

Penelitian baru yang dipimpin peneliti dari Universitas Oxford dan bekerja sama dengan Save the Elephants menyebut, gajah perlu terus bergerak untuk menemukan makanan dan air yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup.

Namun muncul pertanyaan, bagaimana dengan induk yang baru saja melahirkan? Bagaimana mereka mengatasi permasalah tersebut?

Seperti dikutip dari Phys, Kamis (21/4/2022) temuan yang dipublikasikan di Animal Behaviour ini menunjukkan, kecepatan rata-rata harian induk gajah tak berubah signifikan selama kehamilan, setelah kelahiran, dan bergerak bersama dengan bayi mereka yang baru lahir.

Baca juga: Peneliti Ungkap Nenek Moyang Gajah, Ada yang Bertubuh Kecil

Bahkan, kecepatan pergerakan gajah pada hari sebelum gajah melahirkan dan sehari sesudahnya tak berbeda dengan kecepatan rata-rata tahunan mereka. Penurunan pergerakan hanya terjadi ketika induk melahirkan.

Para peneliti pun mengungkapkan temuan ini sebagai hal yang luar biasa, karena menunjukkan kekuatan dan ketahanan gajah betina.

Gajah hidup dalam kawanan yang terikat kuat dan dipimpin oleh betina (matriarkal). Di samping induk, gajah lain (biasanya bibi) membantu membesarkan dan melindungi anak gajah.

Namun, gajah yang berbeda dalam kawanan dapat hamil dan melahirkan pada waktu yang berbeda. Ketidaksinkronan ini berarti gajah harus menyeimbangkan kebutuhan dan tekanan yang berbeda antara anggota kawanan.

Untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor ini mempengaruhi pergerakan kawanan, peneliti memasang kalung pelacak GPS pada gajah hamil.

Teknologi pelacakan, yang dipelopori oleh Save the Elephants ini merupakan alat penting untuk memantau gerakan dan perilaku gajah dan bekerja dengan cara yang mirip dengan jam tangan pintar yang melacak jalan atau lari.

Sementara usia bayi gajah akan diperkirakan berdasarkan ukuran serta penampakan mereka.

Baca juga: Ilmuwan Mulai Uji Coba Vaksin untuk Penyakit Herpes yang Sering Menyerang Gajah

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.