Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Resmi Umumkan Nama Baru untuk Spesies Ngengat Gipsi

Kompas.com - 06/03/2022, 20:01 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Para ilmuwan telah memberikan nama baru untuk spesies ngengat yang sebelumnya disebut sebagai ngengat gipsi, atau gypsy moth. Hal ini dilakukan untuk menepis anggapan mengenai diskriminasi pada etnis tertentu.

Dilansir dari CNN, Jumat (4/3/2022) serangga dari spesies Lymantria dispar itu berganti nama menjadi spongy moth (ngengat spons).

Nama baru ini pun telah tercantum di Entomological Society of America (ESA), yang memuat daftar nama umum serangga dan organisme terkait.

"Proses untuk mengganti nama ngengat G (gipsi) ini dapat digunakan sebagai praktik tentang cara membuat nama umum yang lebih baik dan memastikan partisipasi substantif dan adil dari komunitas yang terkena dampak dalam prosesnya," ujar Direktur dari Roma Program di FXB Center for Health and Human Rights Harvard University, Margareta Matache.

Baca juga: Jarang Terlihat, Ngengat Raksasa Ditemukan di Australia

Adapun alasan pengubahan nama ngengat gipsi lantaran para ilmuwan khawatir nama tersebut, akan dianggap sebagai diskriminasi terhadap kelompok etnis tertentu.

Mereka menjelaskan bahwa ngengat spons berasal dari wilayah Eropa, Asia, dan Afrika Utara. Hewan ini mendominasi hutan di Amerika Utara, dan menghancurkan daun dan semak, yang menyebabkan kerusakan pada ratusan spesies pohon setiap tahunnya.

"Lymantria dispar adalah hama yang merusak di hutan Amerika Utara. Kesadaran masyarakat sangat penting dalam memperlambat penyebarannya," ujar Ketua di ESA, Jessica Ware.

Dia pun mengungkapka,n bahwa penggantian nama ngengat dipilih dari lebih dari 200 nominasi yang dievaluasi oleh lebih dari 50 ilmuwan yang diadakan di dunia.

Kelompok ini mendalami banyak studi dan mendapatkan arahan dari pakar, sehingga bisa mengumpulkan lebih dari 1.000 tanggapan tentang tujuh nama yang akan dipilih.

"Kami berterima kasih kepada beragam komunitas dan organisasi yang telah terlibat dalam proses penggantian nama ini dan telah berkomitmen untuk mengadopsi nama ngengat spons," imbuh Ware.

Baca juga: Kamasutra Satwa: Ngengat Andalkan Penciuman untuk Menemukan Pasangan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com