Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Geologi saat Gempa Bayah Banten 4 Februari 2022, Ini Analisis PVMBG

Kompas.com - 05/02/2022, 13:30 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Gempa berkekuatan M 5,5 mengguncang wilayah Bayah, pantai Selatan Lebak, Banten pada pukul 17.10 WIB, Jumat (4/2/2022). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) berikan penjelasan terkait kondisi geologi saat gempa Bayah terjadi.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa Bayah memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,2.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,48° LS ; 105,92° BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 63 Km arah BaratDaya Bayah, Banten pada kedalaman 55 km.

Baca juga: Gempa Banten Bersumber dalam Lempeng, Tak Terkait Anak Krakatau

 

Dalam informasi update terbaru gempa Bayah, hasil monitoring BMKG hingga pukul 17.35 WIB, 4 Februari 2022 menunjukkan adanya satu aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock dengan magnitudo M 3,0.

Kondisi geologi dan penyebab gempa Bayah

Terkait kejadian gempa di Bayah Banten tersebut, PVMBG pun mengkaji kondisi geologi dan penyebab gempa bumi yang terjadi.

Dalam laporan PVMBG yang dikutip Kompas.com dalam laman resminya edisi 4 Februari 2022, daerah selatan Kabupaten Pandeglang dan Lebak, Provinsi Banten dan Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat merupakan wilayah terdekat dengan lokasi pusat gempa bumi.

Terkait kondisi geologi saat gempa Bayah terjadi, morfologi daerah terlanda guncangan gempa bumi merupakan dataran dan perbukitan bergelombang hingga terjal. 

Baca juga: Gempa Bayah M 5,5 Guncang Banten Hari Ini, Begini Analisis BMKG

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com