Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Banten Satu Kali Susulan, Pahami Cara Selamatkan Diri Saat di Mobil, Pantai, hingga Gedung

Kompas.com - 04/02/2022, 19:45 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa terkini hari ini, berkekuatan M 5,5 mengguncang wilayah Bayah, pantai Selatan Lebak, Banten pada pukul 17.10 WIB, Jumat (4/2/2022).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,2.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,48° LS ; 105,92° BT.

Baca juga: Gempa Bayah M 5,5 Guncang Banten Hari Ini, Begini Analisis BMKG

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 63 Km arah Barat Daya Bayah, Banten pada kedalaman 55 km.

Dalam informasi update terbaru, hasil monitoring BMKG hingga pukul 17.35 WIB, 4 Februari 2022 menunjukkan adanya satu aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock dengan magnitudo M 3,0.

Meskipun tidak diketahui apakah akan ada kemungkinan gempa bumi susulan atau tidak lagi, tetapi masyarakat diminta untuk menghindari bangunan yang rusak atau retak, serta menyiapkan berbagai peralatan penting untuk sedia dibawa ke mana saja saat gempa terjadi. 

Sebagai pembelajaran untuk ke depannya, sebaiknya masyarakat memerhatikan dan menerapkan beberapa tindakan yang bisa dilakukan sebagai antisipasi keselamatan diri, sesuai dengan di mana Anda berada saat itu.

1. Jika Anda berada di dalam bangunan 

Saat menghadapi gempa dan Anda sedang berada di dalam ruangan, maka tindakan pertama yang harus Anda lakukan adalah melindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan. 

Ketika gempa bumi terjadi, upayakan untuk bersembunyi di bawah meja yang kokoh.

Jika masih sempat, larilah ke luar atau carilah tempat yang paling aman dari reruntuhan dan goncangan. 

Umumnya, di perkantoran atau bangunan publik selalu ada titik kumpul (Assembly Point) sebagai tempat aman dari reruntuhan.

2. Jika Anda berada di luar bangunan atau area terbuka 

Berbeda halnya dengan tips tindakan di atas, jika Anda berada di luar bangunan atau area terbuka saat terjadi gempa bumi, maka perlu menghindari dari bangunan yang berisiko mengancam keselamatan jiwa Anda. 

Seperti bangunan yang retak atau rusak, tiang listrik, pohon dan lain sebagainya. Perhatikan pula tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah. 

Baca juga: Gempa Guncang Bayah, Belajar dari Gempa Banten BMKG Dorong Ahli Kontruksi Aktif Mitigasi Ancaman Dampak

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com