Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakteristik Planet Merkurius, Planet yang Terdekat dengan Matahari

Kompas.com - 04/02/2022, 18:40 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Apa saja karakteristik yang kamu ketahui dari planet Merkurius? Merkurius adalah planet terkecil di tata surya dan merupakan planet yang paling dekat dengan Matahari. Saking kecilnya planet ini, ukuran planet Merkurius hanya sedikit lebih besar dari Bulannya Bumi.

Karakteristik planet Merkurius

Dilansir dari NASA, berikut ini adalah karakteristik planet Merkurius:

  • Merkurius adalah planet terkecil di tata surya setelah Pluto tidak lagi dianggap sebagai planet. Rata-rata diameternya adalah 4.879,4 kilometer atau setara dengan sepertiga diameter Bumi.
  • Merkurius tidak memiliki satelit dan cincin.
  • Merkurius adalah planet yang paling cepat mengelilingi Matahari. Planet ini mengorbit dengan kecepatan 47 kilometer per detik. Oleh karena itu, satu tahun di Merkurius hanya 88 hari.
  • Rotasi planet Merkurius adalah 59 hari.
  • Perihelion atau jarak terdekat dengan Matahari adalah 46 juta kilometer. Sedangkan aphelion atau jarak terjauh dari Matahari adalah 69.820.000 kilometer.
  • Merkurius adalah planet batuan. Hal ini membuat Merkurius memiliki permukaan berkawah yang mirip seperti Bumi dan Bulan.
  • Atmosfer di sana sangat tipis. Sulit untuk bernapas di Merkurius. Atmosfernya tersusun atas gas oksigen, sodium, hidrogen, helium, dan potasium.
  • Tidak ada kehidupan di Merkurius. Planet ini memiliki kondisi yang sangat sulit untuk bertahan hidup. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah radiasi Matahari dan suhu yang sangat tinggi, yaitu sekitar 430 derajat Celsius.

Baca juga: Foto Memukau Merkurius Diabadikan Pesawat Ruang Angkasa Eropa dan Jepang

Eksplorasi planet Merkurius

Merkurius pertama kali ditemukan oleh Bangsa Sumeria pada 5.000 tahun yang lalu. Sampai akhirnya NASA telah berhasil mengirimkan dua kali pesawat luar angkasa untuk mengamati Merkurius, yaitu Maniner 10 dan Messenger.

Mariner 10 adalah pesawat luar angkasa yang dikirim pada tahun 1974 dan berhasil mendapatkan 45 persen gambar permukaan Merkurius. Sedangkan Messenger berhasil mengorbit mengelilingi Merkurius selama 4 tahun sampai akhirnya menabrak ke permukaan planet dan hancur pada tahun 2015.

Pada tahun 2018, European Space Agency dan JAXA meluncurkan pesawat luar angkasa ketiga untuk mengamati Merkurius. Misi ini diberi nama BepiColombo. BepiColombo berhasil mengirimkan gambar pertama Merkurius pada 1 Oktober 2021 lalu. Pesawat ini direncanakan terus mengorbit di sana hingga 2025.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com