Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Varian Virus Corona Tergolong Variant of Concern dan Varian of Interest dari WHO

Kompas.com - 04/02/2022, 17:30 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Subvarian BA.2 yang dijuluki 'Son of Omicron' yang sebelumnya masuk dalam kategori virus corona Variant of Interest, sekarang telah diresmikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjadi kelompok Variant of Concern (VOC).

Hal ini jelas memiliki perbedaan mendasar di antara kedua kelompok atau karakterisasi virus corona tersebut.

Menurut WHO dalam situs resminya, karakteristik ini memprioritaskan pemantauan dan penelitian global, yang pada akhirnya untuk menginformasikan respons yang dapat dilakukan terhadap pandemi Covid-19 saat ini.

Berikut penjelasan lengkap mengenai VOC dan VOI, lengkap dengan daftar varian dari mutasi virus SARS-CoV-2 yang termasuk ke dalamnya.

1. Virus corona Variant of Interest (VOI)

VOI adalah varian SARS-CoV-2 yang ditandai dengan mutasi asam amino yang menyebabkan perubahan fenotipe atau karakteristik virus.

Di antaranya dapat memengaruhi tingkat keparahan penyakit, pelepasan kekebalan, penularan, hingga kemampuan menghindari diagnostik maupun pengobatan. 

Selain itu, WHO menyebut bahwa karakteristik VOI diidentifikasi sebagai penyebab penularan di antara komunitas yang paling signifikan atau menjadi penyebab munculnya klaster Covid-19. 

Baca juga: Apa Itu Virus Corona Variant of Concern dan Variant of Interest?

 

Di banyak negara, varian virus corona VOI, memiliki prevalensi relatif yang meningkat bersamaan dengan peningkatan jumlah kasus Covid-19 dari waktu ke waktu.

Dengan kata lain, memiliki dampak epidemiologis nyata yang menunjukkan risiko yang muncul terhadap kesehatan masyarakat global.

Berikut daftar varian virus corona yang termasuk dalam kelompok VOI dalam update WHO per 4 Februari 2022 yakni:

  • Lambda (C.37), ditemukan pertama kali pada Desember 2020 di Peru. 
  • Mu (B.1.621), ditemukan pertama kali pada Januari 2021 di Colombia. 

2. Virus corona Variant of Concern

Variant of Concern adalah varian virus corona yang menyebabkan peningkatan penularan, angka kematian akibat Covid-19, dan perubahan yang merugikan dalam epidemilogi Covid-19. VOC juga merupakan varian dengan dua komponen Variant of Interest (VoI).

Varian virus corona yang masuk dalam kategori ini juga disebut memiliki kemampuan dalam mempengaruhi efektivitas vaksin.

Tidak hanya vaksinasi, varian virus corona yang termasuk dalam VOC umumnya juga mempengaruhi atau mengurangi efektivitas kesehatan masyarakat dan tindakan sosial atau diagnostik yang tersedia, serta terapi.

Baca juga: Mengenal Varian Mu, Varian Virus Corona yang Masuk Daftar Variant of Interest WHO

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com