Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2021, 19:29 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comKerak Bumi adalah lapisan terluar Bumi yang berada di atas mantel Bumi. Terdapat dua jenis kerak Bumi, yaitu kerak benua dan kerak samudra.

Kerak benua

Kerak benua adalah kerak Bumi yang berada di bawah tanah. Kerak benua lebih tebal daripada kerak samudera. Ketebalan kerak benua rata-rata 45 kilometer dengan kisaran antara 30 sampai 50 kilometer. Kerak benua memiliki kepadatan yang lebih rendah dari kerak samudra. Kepadatan kerak benua adalah 2.700 kilogram per meter kubik.

Kerak benua mengandung unsur utama yaitu silika (Si) dan magnesium (Mg). Komponen batuan penyusunnya lebih kompleks dan bervariasi. Batuan dalam kerak benua adalah batuan metamorf dan batuan beku yang ditutupi batuan sedimen dengan ketebalan yang bervariasi.

Batuan ini juga menunjukkan kerak benua memiliki umur yang lebih tua, bahkan hingga 3,8 juta tahun. Selain itu, batuan yang bervariasi membuat kerak benua juga memiliki kepadatan yang berbeda-beda.

Baca juga: Struktur Lapisan Bumi Beserta Penjelasan Per Lapisan

Kerak samudra

Kerak samudera adalah kerah yang berada di bawah lautan. Kerak samudra memiliki ketebalan yang lebih tipis dari kerak benua, yaitu 5 sampai 11 kilometer saja. Tidak hanya lebih tipis, kerak samudera tersusun oleh material yang lebih muda dari kerak benua. Tidak ada kerak samudra yang berumur lebih dari 200 juta tahun.

Kerak samudra mengandung unsur silika (Si) dan aluminium (Al). Kerak samudra lebih padat dari kerak benua, yaitu dengan kepadatan 3.000 kilogram per meter kubik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com