Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2021, 08:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comFitonutrien adalah zat kimiawi yang terkandung di dalam tumbuhan. Fitonutrien juga disebut dengan fitokimiawi. Pada dasarnya, zat ini berfungsi untuk melindungi tumbuhan dari bakteri, jamur, dan sinar matahari. Tapi, ternyata zat kimia tersebut bermanfaat untuk manusia.

Fitonutrien bukan nutrisi esensial bagi tubuh seperti vitamin dan mineral. Namun, asupan berbagai fitonutrien pada tubuh menunjukkan manfaat yang luar biasa. Selain itu, fitonutrien juga bisa mencegah berbagai penyakit.

Macam-macam fitonutrien

Terdapat lebih dari 20.000 jenis fitonutrien yang terkandung di dalam tumbuhan. Berikut adalah beberapa macam fitonutrien yang bermanfaat bagi kesehatan.

1. Karoten

Karoten adalah salah satu antioksidan penting untuk tubuh. Karoten terkandung pada buah dan sayuran yang berwarna kuning, jingga, dan merah. Contohnya, labu, wortel, tomat, dan semangka.

Beberapa bentuk karoten adalah alpha-karoten, beta-karoten, dan likopen. Karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang bermanfaat untuk sistem imun dan kesehatan mata.

Baca juga: 9 Makanan yang Mengandung Vitamin A, Tidak Hanya Wortel

2. Asam elagat

Asam elagat banyak terkandung di dalam buah beri, seperti stroberi, raspberi, dan buah delima. Asam elagat berfungsi mencegah dan memperlambat perkembangan. Asam elagat bekerja dengan cara mengoptimalkan liver untuk menetralkan sel kanker.

3. Flavonoid

Flavonoid adalah fitonutrien yang menurunkan risiko orang terkena asma, beberapa tipe kanker, dan penyakit jantung koroner. Beberapa zat yang termasuk flavonoid antara lain katekin yang banyak terkandung di dalam teh hijau, dan flanol yang terkandung di dalam apel dan buah beri.

Baca juga: Segudang Manfaat Teh Hijau, Bisa Jadi Alternatif Minum Kopi

4. Fitoestrogen

Fitoestrogen memiliki struktu yang mirip dengan estrogen. Fitoestrogen banyak terkandung di dalam kacang kedelai. Fitoestrogen bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker endometrial dan kehilangan kepadatan tulang pada wanita setelah menopause.

5. Resveratrol

Tumbuhan yang mengandung resveratrol paling tinggi adalah anggur, terutama di bagian kulitnya. Resveratrol berfungsi untuk menunjang sistem kardiovaskular dan kesehatan otak. Makanan yang banyak mengandung resveratrol antara lain kacang, stroberi, dan cokelat hitam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com