Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 November, Hari Sains Dunia untuk Kedamaian dan Pembangunan

Kompas.com - 10/11/2021, 07:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Setiap 10 November, dunia memperingati Hari Sains Dunia untuk Kedamaian dan Pembangunan. Hari ini mengangkat pentingnya sains untuk kehidupan sehari-hari.

Tema Hari Sains Dunia untuk Kedamaian dan Pembangunan 2021

Tahun 2021, Hari Sains Dunia untuk Kedamaian dan Pembangunan mengangkat tema “Membangun Komunitas yang Siap Iklim”. Tema ini diangkat dengan tujuan memperkenalkan tantangan yang kita hadapi dalam perubahan iklim, dan bagaimana untuk menjadi komunitas yang siap untuk menghadapinya.

Tidak hanya untuk masyarakat, para ahli juga akan mengadakan pertemuan dalam UNESCO Science Report. Para ahli akan membahas solusi-solusi untuk perubahan iklim.

Tujuan Hari Sains Dunia untuk Kedamaian dan Pembangunan

Hari ini bertujuan untuk mengaitkan sains dengan masyarakat. Ketika masyarakat lebih sadar akan sains di sekitarnya, ini akan memberikan banyak manfaat, contohnya untuk memahami urgensi penanganan pemanasan global.

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), berikut adalah tujuan peringatan Hari Sains Dunia untuk Kedamaian dan Pembangunan.

  • Menguatkan kesadaran masyarakat tentang peran sains untuk kedamaian dan keberlangsungan masyarakat.
  • Mempromosikan solidaritas nasional dan internasional untuk berbagi perkembangan sains antarnegara.
  • Memperbarui komitmen nasional dan internasional untuk menggunakan sains demi manfaat untuk masyarakat.
  • Mendapatkan perhatian terhadap tantangan yang dihadapi oleh perkembangan sains.

Baca juga: PBB Minta Dunia Tingkatkan Upaya Adaptasi Perubahan Iklim

Sejarah Hari Sains Dunia untuk Kedamaian dan Pembangunan

Hari Sains Dunia untuk Kedamaian dan Pembangunan dicanangkan oleh UNESCO pada tahun 2001. Sejak pertama kali diperingati, hari ini telah membuat banyak proyek, program, dan pendanaan untuk kepentingan sains di seluruh dunia.

Hari Sains Dunia untuk Kedamaian dan Pembangunan membantu para ilmuwan yang tinggal di daerah agar tetap berkembang. Hal ini diperlukan untuk membuat masyarakat sadar akan keberlangsungan hidup harus didasari sains.

Untuk menciptakan kehidupan yang damai dan keberlangsungan yang selaras, maka penting untuk melibatkan masyarakat. Inilah kenapa hari ini dianggap perlu diperingati.

Hari Sains Dunia untuk Kedamaian dan Pembangunan pertama kali dirayakan secara internasional pada tahun 2002. Peringatannya tidak hanya melibatkan pemerintah, namun juga organisasi nonpemerintah, para ilmuwan, dan profesional lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com