Gejala Kapilaritas dalam Kehidupan Sehari-Hari

09/11/2021, 21:08 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah kamu melihat kain yang semula basah ujungnya saja, kemudian area basahnya bertambah lebar? Peristiwa itu termasuk gejala kapilaritas.

Kapilaritas adalah peristiwa naik atau turunnya zat cair pada pembuluh atau pori-pori kecil. Kapilaritas terjadi akibat adanya gaya adhesi atau kohesi antara zat cair dengan dinding pembuluh atau dinding pori-pori. Gaya tersebut menyebabkan suatu permukaan zat cair menjadi tidak rata atau tidak sama.

Gejala kapilaritas

Berikut ini yang termasuk gejala kapilaritas adalah:

1. Naiknya air dari dalam tanah melalui akar hingga ke daun

Gejala kapilaritas pada pembuluh kayu membuat air dari dalam tanah bisa menyebar ke seluruh bagian tumbuhan hingga ke daun.

2. Naiknya minyak tanah pada sumbu kompor

Gejala kapilaritas menyebabkan naiknya minyak tanah melalui sumbu. Hal inilah yang menyebabkan kompor bisa menyala. Sumbu kompor ini yang berfungsi sebagai dinding pembuluh.

Baca juga: Daftar Danau Terbesar di Dunia, Nomor 1 Memiliki Air Asin Seperti Laut

3. Keringnya permukaan basah jika dilap

Kain atau tisu memiliki pori-pori yang rapat yang menyebabkan gejala kapilaritas terjadi. Inilah yang membuat air yang menggenang akan menyerap ke kain atau tisu.

4. Naiknya air di dinding rumah saat hujan

Contoh gejala kapiler lainnya adalah air yang naik dan membuat dinding lembap saat musim hujan. Gejala kapilaritas yang satu ini merugikan karena akan membuat dinding rapuh dan berjamur.

Gejala kapilaritas pada dinding bisa dicegah atau diminimalisir dengan menambah jumlah semen pada adonan ketika membuat dinding. Hal ini akan membuat hasilnya lebih padat dan mampu mengurangi pori-pori.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.