Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Wijen untuk Kesehatan, Baik untuk Kesehatan Tulang

Kompas.com - 06/10/2021, 20:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.comWijen adalah biji-bijian kecil yang tumbuh dari tumbuhan Sesamum indicum. Wijen umumnya hanya digunakan sebagai topping atau menjadi bagian luar camilan, seperti onde-onde.

Ternyata, dibalik ukurannya yang sangat kecil, tersimpan manfaat wijen untuk kesehatan. Wijen bisa melindungi dari penyakit jantung, diabetes, dan arthritis.

Manfaat wijen

Dilansir dari Healthline, berikut adalah manfaat wijen untuk kesehatan.

1. Sumber serat yang baik

Tiga sendok makan wijen mengandung 3,5 gram serat yang bisa memenuhi 12 persen kebutuhan serat harian. Oleh karena itu, biji wijen dikenal baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

2. Menurunkan kolesterol

Beberapa studi menunjukkan bahwa mengonsumsi biji wijen secara rutin bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida. Hal ini tentu membuat wijen bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

Biji wijen mengandung 15 persen lemak jenuh, 41 persen lemak tak jenuh rangkap, dan 39 persen lemak tidak jenuh tunggal. Tingginya kandungan lemak tak jenuh membuat wijen baik untuk menurunkan kolesterol.

Baca juga: Manfaat Pisang untuk Kesehatan

3. Sumber protein yang baik

Dalam 3 sendok makan atau 30 gram biji wijen terkandung 5 gram protein. Selain itu, biji wijen kaya akan metionin dan sistein. Kedua molekul tersebut adalah asam amino yang penting bagi tubuh dan hanya sedikit ditemukan dalam legumes.

4. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi adalah penyebab utama penyakit jantung dan stroke. Wijen bisa menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung magnesium.

Berbagai studi menunjukkan bahwa memenuhi kebutuhan magnesium harian bisa menurunkan tekanan darah.

Selain itu, biji wijen juga kaya akan vitamin E dan antioksidan lainnya yang bisa mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

5. Baik untuk kesehatan tulang

Biji wijen mengandung nutrisi yang baik untuk tulang. Dalam tiga sendok makan wijen, terkandung 22 persen kebutuhan kalsium harian dan 25 persen kebutuhan magnesium harian. Selain itu, biji wijen juga mengandung mangan dan zinc.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com