Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2021, 16:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Bunga telang (Clitoria ternatea L.) merupakan tanaman yang tersebar di berbagai wilayah dengan iklim tropis dan subtropis di Asia dan Pasifik, Amerika dan Karibia, Afrika, serta Australia.

Dalam pengobatan tradisional, bunga telang terbilang istimewa.Pasalnya, seluruh bagiannya, mulai dari akar hingga bunga, diyakini memiliki manfaat kesehatan.
Sitem pengobatan Ayurveda yang berasal dari India menganggap bunga telang sebagai obat yang penting.

Hal ini bisa dilihat dari penyebutan bunga telang dalam bahasa Hindi, yakni aparajita yang berarti “yang tidak terkalahkan”.

Selain itu, bunga telang juga setidaknya disebut dalam dua kitab utama pengobatan Ayurveda, yaitu Charaka Samhita dan Sushruta Samhita.

Dirangkum dari artikel “Manfaat Bunga Telang (Clitori Tanutae L.) bagi Kesehatan Manusia" dalam Journal of Functional Food and Nutraceutical, berikut adalah beberapa manfaat bunga telang untuk kesehatan yang penting diketahui.

Baca juga: 4 Khasiat Buah Naga yang Telah Terbukti Secara Ilmiah

1. Sebagai antioksidan

Sebagian besar peneliti mengatakan bahwa kemampuan bunga telang untuk mereduksi senyawa radikal masih lebih rendah, jika dibandingkan vitamin C.

Meski demikian, studi terhadap aktivitas antioksidan dalam 15 jenis bunga menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan ekstrak bunga telang merupakan salah satu yang tertinggi.

2. Antidiabetes

Diabetes merupakan gangguan metabolik yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah dan masalah pada metabolisme lipoprotein.

Efek menurunkan kadar gula darah dari ekstrak bunga telang telah dibuktikan melalui beberapa penelitin.

Salah satu penelitian memberikan ekstrak air bunga telang secara oral pada tikus. Hasilnya, glukosa serum dan glikolisasi hemoglobin serta meningkatkan insulin serum dan glikogen otot serta tulang.

Baca juga: Manfaat Kulit Pisang untuk Tanaman dan Kesehatan

3. Antiobesitas

Dalam rangkaian kajian terhadap aktivitas ekstrak bunga telang melawan diabetes pada tikus percobaan, peran bunga ttelang untuk menurunkan trigliserida dan total kolesterol darah sehingga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.

Selain tiga manfaat yang telah disebutkan, bunga telang juga masih memilki berbagai manfaat, seperti antimikroorganisme, hepatoprotektif, dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com