Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Netizen Marah soal Leslar Menikah Siri? Ahli Media LIPI Jelaskan

Kompas.com - 30/09/2021, 20:35 WIB
Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Usai mengumumkan bahwa mereka telah melakukan pernikahan siri, Lesti Kejora dan Rizky Billar dibully netizen karena dianggap telah melakukan pembohongan publik.

Untuk diketahui, Lesti dan Billar yang akrab disapa Leslar mengumumkan telah menikah secara siri sejak bulan Januari 2021 lalu. Namun, rangkaian acara akad disiarkan secara langsung di televisi pada 19 Agustus 2021.

Reaksi kemarahan netizen terhadap Leslar menimbulkan kebingungan dan pro kontra. Pasalnya, pernikahan merupakan hak individu dan masalah pribadi seseorang. Lantas, mengapa netizen marah pada Lesti dan Billar karena menikah siri terlebih dahulu?

Baca juga: Lewat Leslar, Ketahui Efek Digital Bullying dan Cara Menanganinya

Bak dongeng di kehidupan nyata

Manajer Rizky Billar bocorkan berapa biaya yang dikeluarkan suami Lesti Kejora untuk rangkaian acara pernikahan.instagram/@lestykejora Manajer Rizky Billar bocorkan berapa biaya yang dikeluarkan suami Lesti Kejora untuk rangkaian acara pernikahan.

Pakar media dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Nina Widyawati, berkata bahwa sebelum kita mencari titik mengapa netizen marah kepada Lesti dan Billar soal kehidupan pribadi mereka, kita harus tahu terlebih dulu kenapa Lesti Kejora dijadikan idola oleh banyak orang.

Menurut Nina, sejak zaman dulu dongeng si miskin menjadi kaya selalu disukai pembaca yang berfantasi untuk menjadi seperti tokoh tersebut. Apalagi jika kisah tersebut nyata atau success story, maka orang makin tertarik karena ingin mengambil pelajaran dari perjalanan sukses tersebut.  

Oleh karena itu, tidak heran jika perjalanan seorang Lesti yang ayahnya dahulu sempat menjalani profesi sebagai asisten rumah tangga dan kini menjadi seorang artis, menarik perhatian banyak orang.

Lebih lanjut, Nina menjelaskan, perjalanan sukses Lesti Kejora bukan diraih secara instan, tetapi melalui kerja kerasnya dalam meniti karir sebagai penyanyi dangdut; sehingga mimpi netizen untuk menjadi seperti Lesti Kejora menjadi riil atau kenyataan.

"Dalam perjalanan hidupnya Lesti Kejora dipersunting oleh laki-laki tampan yang merupakan penyanyi dan artis peran, lengkap sudah kehidupannya," ujar Nina.

Baca juga: Pernikahan Lesti Kejora dan Rizky Billar, Mengapa Acara Pribadi Selebriti Masih Marak Disiarkan Langsung?

"Kehidupan yang tadinya ada di negeri dongeng, yang ternyata ada di kehidupan nyata, dikomodifikasi oleh industri penyiaran menjadi komoditas yang bernilai ekonomi," imbuhnya.

Oleh karena itu, kata dia, televisi menayangkan acara pernikahan Lesti Kejora secara lengkap dan hasilnya memuaskan, penontonnya luar biasa. 

Alasan disebut pembohongan publik

Nah, dari perjalanan panjang Lesti Kejora menjadi seorang idola, belum pernah ada celah yang membuat penggemarnya berbalik arah untuk menghujat Lesti. 

Oleh karena itu, ketika Lesti diisukan hamil duluan dan Leslar mengklarifikasi dengan mengatakan bahwa mereka sudah menikah siri, publik pun menjadi marah dan merasa dikhianati. 

Sebab, publik memiliki trust atau kepercayaan terhadap tokoh yang dikagumi dan berharap tokoh tersebut menjadi panutan atau suri tauladan. 

"Ketika publik merasa dibohongi, maka niatan untuk meneladani si tokoh menjadi pudar,"  ujar Nina.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com