Organisme Autotrof dan Heterotrof sebagai Komponen Biotik

30/09/2021, 18:31 WIB

KOMPAS.com - Komponen biotik merupakan komponen penting dalam suatu ekosistem. Tiap-tiap komponen biotik memiliki fungsinya masing-masing. Salah satunya adalah organisme autotrof. Tahukah kamu apa yang dimaksud autotrof?

Komponen biotik

Komponen biotik adalah kumpulan atau komunitas dari makhluk hidup yang mendiami suatu wilayah bersama-sama dan terikat satu sama lain di dalam lingkungannya.

Secara umum, fungsi organisme dalam suatu komunitas dibagi menjadi empat, yaitu autotrof, heterotrof, pengurai, dan detritivor.

Baca juga: Habitat Makhluk Hidup dan Komponennya

Autotrof

Autotrof adalah organisme yang mampu menghasilkan makanan (energi) sendiri. Proses yang dilakukan adalah melalui fotosintesis dan kemosintesis.

Contoh organisme autotrof adalah tumbuhan hijau, beberapa jenis bakteri, lumut, dan ganggang biru.

Tumbuhan hijau disebut organisme autotrof karena memiliki klorofil. Ini membuat tumbuhan hijau bisa membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis.

Sedangkan bakteri memproduksi makanannya melalui proses kemosintesis. Namun, produk yang dihasilkan dari proses kemosintesis tidak terlalu besar dibandingkan dengan fotosintesis pada hewan.

Heterotrof

Heterotrof adalah organisme yang menggunakan bahan organik yang telah dihasilkan oleh organisme autotrof. Organisme tidak mampu memproduksi makanannya sendiri. Oleh karena itu, organisme heterotrof disebut juga dengan konsumen.

Contoh organisme yang termasuk ke dalam organisme heterotrof adalah hewan dan manusia. Organisme ini akan menggantungkan hidup pada organisme autotrof atau organisme heterotrof lainnya.

Hal ini menunjukkan hubungan rantai makanan pada komponen biotik di dalam suatu komunitas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.