Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa TV Banyak Menyiarkan Tayangan yang Tidak Seharusnya Dikonsumsi Publik?

Kompas.com - 20/08/2021, 19:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Siaran langsung pernikahan Lesti Kejora dan Rizky Billar adalah salah satu tayangan televisi (TV) yang seharusnya tidak dikonsumsi oleh publik.

Penayangan pernikahan Lesti dan Rizky pada, Kamis (19/8/2021) disiarkan secara langsung di salah satu stasiun televisi swasta.

Bahkan, tren acara siaran langsung pernikahan artis ini telah sejak lama populer, yakni pertama kali dilakukan oleh pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Tayangan prosesi pernikahan yang merupakan ranah pribadi selebriti ini kemudian menggunakan frekuensi publik dan dikonsumsi oleh masyarakat.
Banyak pihak menyayangkan hal ini, karena tayangan tersebut dianggap tidak penting.

Kali ini, pernikahan Lesti Kejora dan Rizky Billar menjadi tayangan TV yang kembali menggunakan frekuensi publik.

Baca juga: Apa Perbedaan TV Analog dan Digital?

 

Pakar media dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Nina Widyawati, mengatakan bahwa tren tayangan pernikahan selebriti ini di TV yang tidak seharusnya menjadi konsumsi masyarakat, sebenarnya baik masyarakat maupun KPI sudah berusaha melakukan advokasi.

"Advokasi agar lembaga penyiaran tidak melakukan siaran langsung terhadap hal-hal yang bukan menyangkut kepentingan publik, salah satunya pernikahan selebriti," kata Nina saat dihubungi Kompas.com, Jumat (20/8/2021).

Jika dilihat dari histori dari siaran langsung pernikahan selebriti sebelumnya, walaupun sudah diperingatkan, televisi tetap menayangkan pernikahan artis.

Sebab, menurut Nina, stasiun televisi berharap penontonnya banyak. Penonton inilah yang akan membayar biaya penyiaran tersebut karena tanpa penonton iklan tidak akan datang.

Tak hanya tayangan pernikahan artis saja. Sebab, akhir-akhir ini banyak tayangan televisi yang seharusnya bukan menjadi konsumsi publik, justru disiarkan di TV untuk masyarakat.

Baca juga: Nikita Mirzani Labrak Elza Syarief di TV, Psikolog Nilai Kurang Pantas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com