Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Veneer Gigi dan Indikasi Penggunaannya

Kompas.com - 09/08/2021, 10:02 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

-

KOMPAS.comVeneer gigi menjadi pilihan untuk mempercantik tampilan. Bahkan sebagian orang menggunakannya hanya untuk mengikuti tren membuat gigi kelinci.

Apa itu veneer gigi?

Veneer gigi adalah lapisan tipis yang dipasang pada permukaan gigi secara permanen untuk memperbaiki tampilan gigi. Tujuan penggunaan veneer adalah untuk mengembalikan rasa percaya diri seseorang.

Penggunaan veneer gigi

Dilansir dari Journal of Dentomaxillofacial Science, veneer dapat digunakan pada gigi yang mengalami kondisi sebagai berikut:

  • Diskolorisasi gigi akibat flourosis tetrasiklin, devitalisasi gigi, dan proses menua
  • Maloklusi
  • Defek permukaan gigi, misalnya retak kecil akibat trauma
  • Hipoplasia email atau bentuk gigi tidak normal
  • Gigi renggang
  • Fraktur tepi gigi
  • Gigi aus namun masih ada email yang tersisa

Selain itu, saat ini veneer banyak digunakan untuk membuat gigi kelinci atau mengikuti tren. Konsultasikan ke dokter apakah prosedur tersebut bisa digunakan pada gigi Anda.

Baca juga: Fungsi Gigi Tiruan, Perlukah Menggunakannya jika Gigi Ompong?

Macam-macam veneer gigi

Macam veneer gigi terbagi menjadi dua berdasarkan bahan veneer itu sendiri. Kedua macam itu adalah porselen dan resin komposit.

Veneer berbahan resin memiliki keunggulan lebih murah, bisa jadi dalam pertemuan yang singkat, dan lebih mudah diperbaiki jika terjadi kerusakan.

Namun, bahan ini juga memiliki beberapa kekurangan yaitu ketahanannya hanya sekitar 5 tahun, mudah patah, dan bisa berubah warna.

Bahan kedua adalah porselen. Bahan ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya bertahan lebih lama hingga 20 tahun, tidak mudah berubah warna, dan lebih tahan dari retak atau patah.

Kekurangan veneer bahan porselen adalah harganya lebih mahal, pertemuan yang diperlukan lebih banyak, dan lebih sulit diperbaiki jika mengalami kerusakan.

Anda bisa memilih jenis veneer yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Apa bedanya veneer, crown, dan implan?

Ketiganya bisa menjadi pilihan untuk memperbaiki penampilan gigi Anda. Namun, ketiganya memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda-beda.

Perbedaan antara veneer dan crown adalah area gigi yang dilapisi. Veneer digunakan hanya di permukaan depan gigi saja untuk memperbaiki kerusakan minor pada gigi dengan jaringan gigi yang tersisa masih banyak

Sedangkan crown berfungsi untuk merestorasi gigi dengan sisa jaringan sehat yang lebih sedikit. Selain itu, crown melapisi bagian gigi lebih banyak, yaitu seluruh permukaan gigi.

Baca juga: 5 Obat Sakit Gigi Alami yang Ampuh

Selanjutnya implan adalah penggantian gigi secara keseluruhan dengan menanam alat langsung ke tulang rahang. Implan digunakan pada kasus gigi yang sudah dicabut atau gigi yang sudah tidak bisa diperbaiki lagi.

Itu dia penjelasan tentang veneer gigi. Sekarang Anda sudah mengerti penggunaan veneer gigi hingga perbedaannya dengan crown dan implan. Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com