Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/05/2021, 13:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comGigi kuning bisa membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Bahkan banyak yang tidak segan untuk memutihkan gigi dengan berbagai cara.

Normalnya gigi akan semakin menguning seiring dengan bertambahnya usia. Kebiasaan sehari-hari juga banyak yang memicu perubahan warna gigi.

Beberapa kebiasaan yang bisa membuat gigi tampak kuning, namun kadang Anda tidak menyadarinya adalah meminum kopi atau teh. Kopi atau teh memiliki warna yang pekat dan bisa membuat perubahan warna pada gigi. Selain itu, merokok juga bisa menyebabkan gigi kuning.

Namun, ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan di rumah sebagai upaya untuk memutihkan gigi. Dilansir dari Health Line (2/12/2019), berikut cara alami memutihkan gigi dari rumah.

Baca juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Alami

Menyikat gigi

Langkah paling utama untuk memutihkan gigi adalah dengan menyikat gigi teratur. Tidak hanya memerhatikan frekuensi, namun Anda juga harus menyikat gigi dengan cara yang benar, terutama setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa membuat gigi kuning.

Frekuensi menyikat gigi yang ideal adalah dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Menyikat gigi menggunakan pasta gigi pemutih juga terbukti secara ilmiah membantu memutihkan gigi. Hal ini tertuang dalam penelitian yang dipublikasikan di Hindawi International Journal of Denstistry tahun 2018.

Menggunakan baking soda

Baking soda atau soda kue mampu mengurangi pewarnaan yang terjadi pada gigi. Anda juga bisa menggunakan soda kue yang dicampur air lalu digunakan untuk menyikat gigi.

Menggunakan pasta gigi yang mengandung baking soda juga sama efektifnya untuk memutihkan gigi. Disamping lebih praktis, pasta gigi yang mengandung soda kue aman digunakan setiap hari.

Minyak kelapa

Minyak kelapa dipercaya bisa membuang plak dan membunuh bakteri di dalam mulut. Ini bisa membantu untuk memutihkan gigi Anda, karena penumpukan plak bisa menyebabkan gigi kuning.

Masukkan satu sendok makan minyak kelapa ke dalam rongga mulut. Kemudian ratakan menggunakan lidah ke seluruh permukaan gigi dan diamkan 30 detik. Setelah itu buang minyak kelapa dan dilanjutkan dengan menyikat gigi seperti biasa.

Kulit lemon, jeruk, atau pisang

Zat d-limone atau asam sitrat terkandung di dalam ketiga kulit buah ini dan dipercaya mampu memutihkan gigi secara alami dengan cara menggosok-gosokkannya ke permukaan gigi.

Baca juga: 8 Penyebab Sariawan, Bisa Jadi karena Pasta Gigi

Sebuah studi pada tahun 2010 membuktikan bahwa orang yang menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung d-limone dua hari sekali bisa mendapatkan gigi yang lebih putih. Studi ini dipublikasikan melalui NCBI.

Namun efektivitas penggunaan kulit jeruk, lemon, dan pisang sebagai pemutih gigi masih belum terbukti. Hal ini dikarenakan masih terbatasnya penelitian yang menguji bahan tersebut.

Karbon aktif

Karbon aktif atau activated charcoal juga bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Karbon aktif dipercaya bisa memutihkan gigi karena kemampuannya menyerap pigmen dan pewarnaan pada gigi. Zat ini juga dipercaya bisa membunuh bakteri di dalam mulut.

Namun, penggunaan karbon aktif pada gigi bisa menjadi masalah bagi penderita gigi sensitif. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung karbon aktif.

Itu dia bahan-bahan di rumah yang bisa Anda gunakan untuk memutihkan gigi. Anda perlu bijak untuk mencoba melakukan proses memutihkan gigi di rumah. Jika terlalu berlebihan, ini bisa memicu gigi sensitif atau gigi berlubang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com