Kompas.com - 28/05/2021, 07:00 WIB
SMS blasti dari BMKG tangkapan layar TwitterSMS blasti dari BMKG

KOMPAS.com - Kemarin pagi sekitar pukul 10.36 WIB, BMKG melalui SMS blast KominfoBMKG menginformasikan adanya prediksi gempa M 8,5 dan peringatan dini tsunami di wilayah Bali, NTT, NTB, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

BMKG mengklarifikasi bahwa informasi tersebut tidak benar karena terjadi kesalahan sistem.

Beredarnya SMS BMKG pun menjadi perhatian di dunia maya dan pembaca Sains Kompas.com edisi Kamis (27/5/2021) hingga Jumat (28/5/2021).

Selain SMS BMKG, berita populer lainnya adalah tentang temuan 6 lubang pengorbanan berisi 500 artefak yang menjadi petunjuk jejak ritual Kerajaan China kuno.

Kemudian fakta gerhana bulan total hingga cara meningkatkan kemampuan anak di bidang matematika menjadi berita pilihan lainnya.

Baca juga: [POPULER SAINS] Gerhana Bulan Total saat Waisak, Terjadi Tiap 195 Tahun | Ikan Zaman Dinosaurus Hidup di Madagaskar

Berikut ulasannya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kesalahan sistem SMS BMKG

Ilustrasi gempaSHUTTERSTOCK/Andrey VP Ilustrasi gempa

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno menegaskan bahwa SMS Blast yang menyebutkan perkiraan akan adanya gempa bermagnitudo 8,5 itu adalah tidak benar atau hoaks.

Hal ini ditegaskan Bambang menyikapi tersebarnya informasi gempabumi berkekuatan M 8,5 dan berpotensi Tsunami di Jawa Timur, NTB, Bali, NTT dan Jawa Tengah yang tersebar melalui saluran komunikasi SMS KominfoBMKG pada hari Kamis 27 Mei 2021 sekitar pukul 10.36 WIB.

Beredarnya pesan singkat ini pun membuat banyak warganet panik.

"BMKG menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar, karena telah terjadi kesalahan pada sistem pengiriman informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami yang melalui kanal SMS," kata Bambang dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/5/2021).

Baca klarifikasi BMKG selengkapnya di sini:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.