[POPULER SAINS] Gerhana Bulan Total saat Waisak, Terjadi Tiap 195 Tahun | Ikan Zaman Dinosaurus Hidup di Madagaskar

Kompas.com - 27/05/2021, 07:02 WIB

KOMPAS.com - Tadi malam ada fenomena gerhana bulan total (GBT) yang juga disebut bulan merah super (super blood moon). Ini adalah fenomena langka.

Menurut ahli Lapan, fenomena ini tergolong langka karena baru bisa terjadi beberapa puluh tahun lagi, apalagi GBT yang bertepatan dengan peringatan hari raya Waisak terjadinya setiap 195 tahun

Pemberitaan soal GBT ini adalah salah satu berita populer Sains Kompas.com edisi Rabu (25/5/2021) dan Kamis (26/5/2021).

Selain fenomena GBT, belum lama ini peneliti juga menemukan ikan purba yang selama ini dikira sudah punah di lepas pantai Madagaskar. Ikan ini spesial, karena sudah hidup sejak zaman dinosaurus 420 juta tahun yang lalu.

Pemberitaan soal Albert Einstein selalu menarik perhatian. Terbaru, tulisan persamaan Einstein yang terkenal, E=mc2 dijual dengan nilai setara Rp 17,2 miliar.

Lalu ada juga pembahasan tentang kanker stadium 4 dan pengertiannya.

Berikut ulasan berita populer Sains hari ini:

1. Gerhana bulan total saat Waisak, peristiwa sangat langka

Gerhana bulan total dengan latar depan patung Budha di Vihara Hemadhiro Mettavati, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (26/5/2021). Gerhana Bulan Total tanggal 26 Mei 2021 ini dikenal juga dengan Super Blood Moon (Bulan Merah Super), karena terjadi saat bulan di di jarak terdekat dengan Bumi (Perigee).KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Gerhana bulan total dengan latar depan patung Budha di Vihara Hemadhiro Mettavati, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (26/5/2021). Gerhana Bulan Total tanggal 26 Mei 2021 ini dikenal juga dengan Super Blood Moon (Bulan Merah Super), karena terjadi saat bulan di di jarak terdekat dengan Bumi (Perigee).

Peneliti di Pusat Sains dan Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) M Zamzam N M.Si mengatakan bahwa gerhana bulan total merah seperti yang terjadi kemarin adalah peristiwa langka.

Apalagi gerhana bulan total yang bertepatan dengan peringatan Hari Raya Waisak, bisa 195 tahun sekali.

"Yang bertepatan dengan Waisak ini juga (langka), mungkin ratusan tahun lagi baru bisa terjadi super blood moon (bulan super merah) yang bertepatan dengan Hari Raya Waisak," jelasnya.

Peneliti di Pusat Sains dan Antariksa Nasional LAPAN, Andi Pangerang Hasanuddin menjelaskan bahwa GBT kali ini bertepatan dengan detik-detik Waisak 2565 Era Vuddha yang jatuh pada 26 Mei pukul 18.13 WIB, 19.13 WITA dan 20.13 WIT dengan jarak 357.461 kilometer dari Bumi.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.