Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2021, 18:01 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.comSakit gigi bisa sangat mengganggu aktivitas harian. Namun, di tengah suasana pandemi seperti ini, akan sulit untuk mengunjungi dokter gigi. Simak obat sakit gigi alami berikut ini.

Ketika sakit gigi, penting untuk mengetahui penyebab sakit gigi agar tepat penanganannya. Idealnya, sakit gigi harus langsung diberikan tindakan oleh dokter gigi.

Dilansir dari Healthline, berikut obat sakit gigi alami yang bisa Anda coba di rumah untuk meredakan sakit sambil menunggu jadwal ke dokter gigi.

Baca juga: 4 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh dan Cepat

Kumur air garam

Pada banyak orang, kumur dengan air garam akan membantu sebagai pertolongan pertama pada sakit gigi. Air garam merupakan disinfektan alami dan bisa membantu melepaskan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi Anda.

Selain itu, air garam juga mampu meredakan radang untuk mengurangi sakit gigi. Caranya sangat mudah. Campurkan setengah sendok teh garam ke dalam air hangat, dan gunakan sebagai obat kumur.

Kompres dingin

Kompres dingin bisa membantu meredakan nyeri yang Anda rasakan. Saat Anda mengompres dengan kompres dingin, pembuluh darah akan mengecil. Sehingga, sakit yang Anda rasakan akan berkurang.

Anda bisa melakukannya dengan membungkus es batu di dalam handuk kecil. Lalu, tempelkan ke area yang sakit selama 20 menit. Ulangi setiap beberapa jam.

Baca juga: 7 Manfaat Cengkeh, Obat Sakit Gigi Hingga Mengobati Kanker

Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bumbu yang terkenal karena manfaatnya sebagai tanaman obat. Bawang putih bisa membunuh bakteri yang menyebabkan plak gigi, serta berfungsi sebagai pereda nyeri.

Untuk menggunakannya, Anda cukup menghaluskannya dan mengoleskannya ke gigi yang sakit. Atau Anda bisa memilih cara yang lebih mudah lagi, yaitu langsung mengunyahnya dalam keadaan mentah.

Cengkeh

Cengkeh juga terkenal memiliki kandungan yang bersifat disinfektan alami. Cengkeh juga banyak terkandung di berbagai produk kesehatan gigi, bahkan bahan tambal gigi. Bahan utamanya adalah eugenol.

Anda bisa menggunakan minyak cengkeh lalu mengaplikasikannya ke gigi dengan bantuan kapas. Lakukan ini beberapa kali sehari. Atau Anda juga bisa menghancurkan cengkeh dan mencampurnya ke dalam segelas air untuk dijadikan obat kumur.

Baca juga: Obat Sakit Gigi dan Cara Ampuh Menghilangkan Sakit Gigi

Daun jambu biji

Daun jambu biji terkenal dengan kemampuan antiradangnya dan kemampuan antimikroba yang bermanfaat untuk gigi dan mulut. Cara menggunakannya, Anda bisa langsung mengunyah daun jambu biji atau menghancurkannya ke dalam segelas air untuk dijadikan obat kumur.

Kapan ke dokter

Sakit gigi bukan sakit yang bisa disembuhkan hanya dengan meminum obat. Cara di atas hanya cara untuk meredakan nyeri sementara sebelum Anda ke dokter gigi.

Untuk mencegah sakitnya datang kembali atau justru bertambah parah di kemudian hari, sebaiknya Anda tetap merawat gigi Anda ke dokter gigi. Semoga obat sakit gigi alami yang sudah dibahas bermanfaat, ya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com