Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obat Sakit Gigi dan Cara Ampuh Menghilangkan Sakit Gigi

Kompas.com - 04/05/2021, 12:28 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

Sumber WebMD,

KOMPAS.com - Menurut The Global Burden of Disease Study 2016, penyakit gigi dan mulut menjadi urutan ke-11 penyakit yang paling banyak terjadi di dunia, khususnya karies gigi atau gigi berlubang. Ini menunjukkan sakit gigi bisa menyerang siapa saja.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, penyakit gigi dan mulut yang paling banyak di Indonesia adalah gigi berlubang atau sakit sebesar 45,3%. Sedangkan penyakit gigi dan mulut terbanyak kedua adalah radang gusi parah hingga terjadi abses atau infeksi sebesar 14%.

Sakit gigi adalah salah satu penyakit yang tampak kecil namun sangat mengganggu keseharian penderitanya. Untuk meredakan gejala nyeri, pasien bisa meminum obat anti radang atau anti nyeri yang bisa dibeli bebas di apotik. Langkah ini merupakan pertolongan pertama saat merasa sakit gigi.

Namun, obat hanya bersifat sementara meredakan sakit gigi. Agar sakit gigi bisa hilang secara keseluruhan, perlu dilakukan tindakan oleh dokter gigi untuk menghilangkan kausanya. Dilansir dari WebMD (24/1/2021), berikut penjelasan tentang sakit gigi dan tindakan yang perlu dilakukan berdasarkan kausanya.

Gigi berlubang

Sakit gigi bisa disebabkan beberapa macam penyakit gigi dan mulut. Penyebab yang paling umum adalah gigi berlubang. Semakin dalam dan semakin besar lubang pada gigi, semakin nyeri pula sakit gigi yang dirasakan.

Baca juga: Ketahui Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mencegahnya

Nyeri akibat gigi berlubang biasanya berdenyut dan hanya muncul saat menerima rangsang tertentu. Misalnya saat minum dingin atau panas, atau dalam posisi berbaring dan menunduk.

Setelah nyeri mereda, maka pasien harus datang ke dokter gigi untuk membersihkan dan menambal gigi yang berlubang agar tidak sakit lagi di kemudian hari.

Abses gigi

Penyebab lainnya yang cukup umum adalah abses gigi. Abses gigi adalah infeksi pada jaringan di bawah gigi yang terjadi pada gigi berlubang sangat dalam hingga mencapai jaringan saraf. Infeksi di bawah jaringan gigi ini akan terasa sangat sakit.

Nyeri akibat abses gigi adalah sakit berdenyut atau sakit yang terus menerus. Biasanya disertai bengkak yang terlihat secara jelas dari pipi yang asimetris.

Pengobatan untuk abses gigi lebih rumit daripada gigi berlubang biasa. Sebelum bisa ditambal, infeksi yang sudah terjadi di bawah jaringan gigi harus dihilangkan terlebih dahulu supaya tidak terjadi infeksi berulang di kemudian hari.

Fraktur gigi

Fraktur gigi membutuhkan perawatan yang berbeda pula berdasarkan tingkat keparahan frakturnya. Jika hanya retak ringan pada ujung gigi, gigi pasien memungkinkan untuk langsung ditambal.

Namun, jika patahnya gigi cukup parah, bisa dengan dirawat saluran akar.
Namun, jika fraktur gigi sudah mencapai akar gigi, biasanya dokter gigi akan menyarankan agar gigi dicabut.

Grinding teeth

Kebiasaan menggerutukkan gigi dipengaruhi psikologis dari masing-masing individu. Ada yang terpicu stress atau menjadi kebiasaan saat tengah tertidur. Kebiasaan ini memang memberikan tekanan yang tidak terlalu besar pada jaringan gigi. Namun,karena terjadi terus menerus, maka terjadilah trauma pada jaringan pendukung gigi.

Baca juga: 4 Cara Meredakan Sakit Gigi di Rumah

Sakit gigi yang diakibatkan kebiasaa buruk ini akan terasa di seluruh rahang. Selain itu, terkadang nyeri juga dirasakan hingga sendi rahang. Cara mengatasi nyeri jenis ini adalah dengan memasang night guard ke dokter gigi. Alat ini merupakan alat yang dipakai saat tidur supaya gigi tidak saling menggerinda.

Abses gusi

Selain pada jaringan gigi, abses juga bisa terjadi pada gusi. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari penumpukan plak dan karang gigi, kebiasaan buruk merokok, dan lain-lain.
Nyeri yang disebabkan abses gigi, biasanya nyeri yang berdenyut dan terus menerus, disertai gusi berdarah, dan bau mulut.

Penanganan abses gusi juga harus menghilangkan infeksinya terlebih dahulu, serta membersihkan plak atau kalkukus yang menjadi penyebab infeksi atau abses pada gusi.

Dengan mengetahui obat sakit gigi dan tindakan apa yang harus dilakukan, Anda akan bisa mengobati sakit gigi Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com