Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dasar Laut Zaman Dinosaurus Ditemukan di Kawasan Tambang

Kompas.com - 24/07/2021, 20:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG


KOMPAS.com - Pasangan suami isteri yang juga peneliti dan ahli paleontologi non-profesional menemukan dasar laut zaman Jurassic, yakni masa dinosaurus masih mendominasi Bumi.

Ini adalah salah satu penemuan terbesar dan terpenting para peneliti di University of Birmingham Research Associate, dari echinodermata Jurassic yang diawetkan dengan indah.

Echinodermata adalah spesies hewan laut berkulit duri seperti bintang laut dan bulu babi.

Dilansir dari Phys, Sabtu (24/7/2021), situs dasar laut purba tersebut, berada di lokasi yang dirahasiakan di Cotswolds, sebuah kawasan pedesaan di selatan tengah Inggris.

Situs tersebut ditemukan oleh Neville Hollingworth, seorang peneliti kehormatan di University of Birmingham, dan istrinya, Sally Hollingworth.

Sally dan Neville, keduanya ahli paleontologi non-profesional memberi tahu Museum Sejarah Alam tentang penemuan mereka yang kemungkinan sangat penting.

Baca juga: Mikroba di Dasar Laut Samudra Pasifik, Ungkap Nenek Moyang Eukariota

 

Awalnya, selama lockdown, pasangan ini akan meneliti situs yang sebelumnya tidak disangka ternyata adalah dasar laut zaman Jurassic di masa kejayaan dinosaurus, dan kemudian mendapatkan izin dari pemilik tanah untuk menyelidiki lebih dalam kawasan tersebut.

"Kami sedang mencari situs baru untuk dijelajahi setelah lockdown berakhir. Kami melakukan ini dengan menggulirkan peta google di sekitar area yang kami tahu fosil telah ditemukan. Situs yang akhirnya kami temukan, sebuah tambang kecil, tampak sempurna," kata Sally.

Neville menambahkan, "Kami pikir kami akan menemukan beberapa spesimen menarik, tetapi tidak pernah menyangka situs itu begitu istimewa. Segera setelah kami menyadari apa yang kami hadapi, dan pentingnya nilai ilmiahnya, kami menghubungi Museum Sejarah Alam,".

Sekitar 167 juta tahun yang lalu, situs tersebut merupakan laut yang hangat dan relatif dangkal.

 

Di situs yang diperkirakan adalah dasar laut zaman dinosaurus, di era Jurassic, para peneliti menemukan fosil sisa-sisa spesies seperti echinodermata, sekelompok hewan termasuk bintang laut, bintang rapuh, bintang bulu (crinoid tanpa tangkai), lili laut (crinoid bertangkai), teripang dan echinoid (bulu babi dan kentang laut atau dolar).

Baca juga: 20 Juta Tahun Lalu, Cacing Raksasa Teror Mangsanya di Dasar Laut

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com