Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Besok, Ini Alasan Bulan Purnama Juni Dijuluki Strawberry Full Moon

Kompas.com - 23/06/2021, 19:00 WIB
Ellyvon Pranita,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bulan purnama adalah salah satu fenomena langit yang sangat sering terjadi bahkan hampir setiap bulan sepanjang tahun, tetapi selalu tetap menarik untuk dapat diamati.

Namun, uniknya bersamaan dengan kejadiannya, akan ada istilah yang muncul untuk menyebutkan bulan purnama itu. 

Seperti bulan purnama yang akan terjadi pada malam besok, Kamis (24/6/2021) yang dijuluki bulan purnama stroberi atau Strawberry Full Moon.

Mengapa disebut Bulan Purnama Stoberi (Strawberry Full Moon)?

Baca juga: Bulan Purnama Bantu Bebaskan Kapal Raksasa di Terusan Suez, Kok Bisa?

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Andi Pangerang Hasanuddin mengatakan, dalam almanak petani (farmer almanac), tiap-tiap bulan purnama memiliki nama.

Penamaan ini didasarkan pada jatuhnya musim sebuah tumbuhan atau fenomena alan yang sedang terjadi. Sehingga, penamaannya pun setiap wilayah berbeda-beda.

"Nah untuk bulan Juni ini purnamanya disebut purnama stroberi karena di belahan bumi utara khususnya Eropa dan Amerika Serikat, saat ini buah stroberi sudah matang dan siap untuk dipetik," kata Andi kepada Kompas.com, Rabu (23/6/2021).

Strawberry full moon adalah istilah yang diambil dari hikayat atau cerita tradisi dari suku-suku asli Amerika.

Hal ini juga dijelaskan oleh, Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lapan, Emanuel Sungging.

Menurut Emanuel, masyarakat suku bangsa Amerika adalah yang pertama mengenalkan sebutan bulan purnama stroberi atau strawberry fool moon ini.

"Strawberry full moon, itu sebetulnya bulan purnama biasa, dan istilah strawberry itu dari tradisi," kata Emanuel dalam pemberitaan Kompas.com (6/6/2020).

Hal ini dikarenakan adanya bulan purnama pada bulan Juni yang menjadi penanda waktu tahun untuk mengumpulkan buah stroberi yang sudah matang dan siap untuk dipetik.

"Itu juga bertepatan dengan puncak musim panen stroberi," jelasnya.

Ternyata, bulan purnama yang terjadi di bulan Juni setiap tahunnya ini tidak hanya diberi atau dikenal dengan istilah Strawberry full moon saja.

Ilustrasi strawberry full moon atau bulan purnama stroberi yang muncul di bulan Juni.Shutterstock/DAVIN REYES Ilustrasi strawberry full moon atau bulan purnama stroberi yang muncul di bulan Juni.

Fenomena purnama di bulan Juni juga dikenal dengan hot moon atau bulan panas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com