Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Ini Diprediksi Bakal Selamat dari Perubahan Iklim, Kok Bisa?

Kompas.com - 22/06/2021, 13:03 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perubahan iklim memperburuk masalah planet ini, seperti hilangnya habitat dan suhu yang kian menghangat, mendorong banyak spesies hewan menuju jurang kepunahan.

Akan tetapi, bisakah para ilmuwan memprediksi hewan mana yang dapat beradaptasi dan bertahan hidup menghadapi perubahan iklim ini?

Mengutip Science Daily, Selasa (22/6/2021) menggunakan pengurutan genom, para peneliti dari McGill University mengungkapkan jika ada beberapa hewan yang bisa bertahan menghadapi perubahan iklim.

Salah satu hewan tersebut adalah ikan punggung duri atau stickleback threespine, yang dinilai dapat beradaptasi dengan sangat cepat terhadap perubahan musim yang ekstrem, sehingga kemungkinan ikan ini akan selamat dari perubahan iklim.

Baca juga: Ilmuwan Ungkap Hubungan Perubahan Iklim Tropis Afrika dan Evolusi Manusia

 

"Model pemikiran Darwin tentang evolusi melalui seleksi alam menyebut organisme dengan gen yang mendukung kelangsungan hidup dan reproduksi memiliki kecenderungan meninggalkan keturunan lebih banyak daripada yang lainnya," ungkap Alan Garcia-Elfring, penulis utama studi.

Garcia-Elfring menambahkan hal ini menyebabkan gen meningkatkan frekuensinya dari generasi ke generasi. Akibatnya, populasi menjadi beradaptasi atau lebih cocok dengan lingkungan mereka dari waktu ke waktu.

Ikan punggung duri dikenal karena bentuk, ukuran, dan perilakunya yang berbeda.

Mereka bahkan dapat hidup di air laut dan air tawar, dan di bawah kisaran suhu yang luas. Tapi apa yang membuat spesies ini begitu tangguh?

Untuk mengetahui apakah hewan laut ini mampu bertahan terhadap perubahan iklim, peneliti mempelajari aksi seleksi alam dengan melacak enam populasi ikan punggung duri pada kondisi sebelum dan sesudah perubahan musim di lingkungan mereka.

Baca juga: Gletser Darah di Pegunungan Alpen Bisa Jadi Penanda Perubahan Iklim

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com