Kompas.com - 22/06/2021, 12:10 WIB
Brokoli, sayur hijau yang memiliki banyak manfaat freepikBrokoli, sayur hijau yang memiliki banyak manfaat

KOMPAS.comBrokoli adalah sayuran hijau yang berbentuk seperti kecil. Brokoli merupakan sayuran yang dekat hubungannya dengan kol, kale, dan kembang kol.

Brokoli terkenal sebagai salah satu sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral dengan kalori yang rendah.

Dalam setengah cangkir brokoli yang sudah dimasak, atau sekitar 78 gram, mengandung 84 persen kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C ini lebih banyak daripada yang terkangund pada 1,5 buah jeruk.

Selain itu, brokoli juga kaya kandungan vitamin K dan antioksidan. Vitamin dan mineral lain yang juga terkandung di dalam sayuran yan sehat ini adalah vitamin A, folat, potasium, fosfor, dan selenium.

Menurut penelitian, berbagai metode memasak yang berbeda bisa mengurangi kandungan vitamin dan mineral di dalam brokoli. Namun, cara memasak yang paling baik adalah dengan mengukusnya. Cara ini terbukti mempertahankan nutrisi paling banyak dibandingkan cara yang lain.

Baca juga: 5 Manfaat Kacang Mede yang Belum Anda Ketahui

Dilansir dari Medical News Today, berikut manfaat brokoli yang luar biasa untuk tubuh Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mencegah kanker

Brokoli adalah salah satu sayuran yang paling tinggi kandungan antioksidannya. Antioksidan mampu mencegah kerusakan sel yang memicu berkembangnya kanker.

Contoh antioksidan yang terkandung di dalam brokoli adalah sulforafan dan indole-3-carbinol. Kedua senyawa ini terbukti secara ilmiah memiliki efek antitumor.

Memperkuat tulang

Untuk mendapatkan tulang yang kuat, dibutuhkan kalsium dan kolagen. Pembentukan kolagen oleh tubuh membutuhkan vitamin C, yang terkandung di dalam brokoli. Selain itu sayur ini juga kaya akan vitamin K yang dipercaya mampu mencegah osteoporosis.

Meningkatkan imun tubuh

Vitamin C di dalam sayuran hijau satu ini sangat tinggi dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah meningkatkan imun tubuh. Vitamin C terbukti mampu mempersingkat durasi seseorang yang terkena flu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X