Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perubahan Iklim 200 Juta Tahun Lalu Bantu Migrasi Dinosaurus ke Greenland

Kompas.com - 17/02/2021, 09:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com- Dinosaurus sauropoda membutuhkan waktu 15 juta tahun untuk melintasi superbenua Pangaea. Studi baru ungkap ada peran perubahan iklim yang membantu perjalanan dinosaurus besar ini.

Sauropoda adalah keluarga dinosaurus yang termasuk makhluk paling besar yang pernah hidup di Bumi.

Namun, muncul pertanyaan, mengapa sauropoda begitu lama mencapai Greenland, dari Amerika Selatan, tempat mereka pertama kali muncul?

Sudah sejak lama, pertanyaan ini membingungkan para ilmuwan dan ahli paleontologi.

Akan tetapi, studi baru yang dikutip dari Independent, Selasa (16/2/2021) menunjukkan perubahan besar dalam iklim Bumi yang memungkinkan terjadinya migrasi.

Baca juga: Dinosaurus Ini Menarik Pasangan Seksualnya dengan Cara Unik

 

Keluarga sauropoda, di antaranya yang mencakup spesies dinosaurus seperti titanosaurus raksasa, patagotitan, diplodocus dan brachiosaurus, muncul di tempat yang sekarang disebut Argentina dan Brasil, sekitar 230 juta tahun yang lalu.

Akan tetapi, meskipun semua benua terkunci bersamaan, para dinosaurus sauropoda ini membutuhkan waktu 15 juta tahun untuk mencapai tempat yang sekarang disebut dengan Greenland.

Dalam studi baru, Dennis Kent dari Lamont-Doherty Earth Observatory di Columbia University, dan Lars Clemmensen dari University of Copenhagen telah menghitung waktu perjalanan dinosaurus ini dan mengungkapkan peran perubahan iklim dalam membantu migrasi sauropoda tersebut.

Baca juga: Ilmuwan: Bayi Dinosaurus T-Rex Lahir dengan Gigi dan Siap Berburu

 

Fenomena iklim 200 juta tahun lalu

Kedua peneliti mengatakan bahwa meski sekawanan dinosaurus berjalan hanya satu mil per hari, pada saat itu mereka akan membutuhkan waktu kurang dari 20 tahun untuk melakukan perjalanan antara Amerika Selatan dan Greenland.

Kendati demikian, dalam makalah baru dari studi yang dilakukan Kent dan Clemmensen, mereka menunjukkan adanya fenomena iklim yang menarik.

Fenomena perubahan iklim ini diduga telah membantu dinosaurus sauropoda pada akhirnya melakukan perjalanan menuju Greenland.

Baca juga: Temuan Fosil Ungkap Perjalanan Dinosaurus Seberangi Lautan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com