Kompas.com - 28/01/2021, 08:02 WIB


KOMPAS.com- Untuk pertama kalinya, ilmuwan menemukan sisa-sisa embrio dari sekelompok dinosaurus karnivora, termasuk Tyrannosaurus rex (T-rex).

Berdasarkan temuan itu, ilmuwan mengungkapkan fosil tulang rahang dan tulang cakar, menunjukkan bahwa bayi-bayi dinosaurus pemakan daging terlahir siap untuk berburu, dikutip dari ABC, Rabu (27/1/2021).

Para peneliti mengatakan bahwa fosil tersebut mewakili dua spesies dari keluarga tyrannosaurus, predator puncak di Asia dan Amerika Utara selama Periode Kapur (Cretaceous Period) menjelang akhir zaman dinosaurus.

Tulang-tulang yang dianalisis tersebut mengindikasikan bahwa tulang tersebut lebih besar dari kebanyakan bayi dinosaurus yang diketahui.

Baca juga: Pertama Kali, Ahli Temukan Bayi Dinosaurus T-Rex

 

Fosil embrio dinosaurus karnivora yang diteliti memiliki panjang satu meter atau seukuran anjing.

Tentunya, pasti bayi-bayi tersebut menetas dari telur yang sangat besar, kemungkinan panjangnya lebih dari 43 cm, lebih panjang dari telur dinosaurus terbesar yang saat ini diketahui.

Ahli paleontologi University of Edinburgh Greg Funston, penulis utama penelitian yang telah diterbitkan dalam Canadian Journal of Earth Science mengatakan betapa miripnya tulang embrio dengan tyrannosaurus remaja dan dewasa yang lebih tua.

Funston juga mencatat bahwa rahang bayi dinosaurus T-rex memiliki gigi fungsional.

Baca juga: Tak Hanya T-rex, Ini Bukti Dinosaurus Karnivora Besar Pernah Hidup di Australia

 

Halaman:
Sumber ABC
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.