Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Singa Betina di India Mati Setelah Ditemukan Positif Covid-19

Kompas.com - 07/06/2021, 18:03 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Sama seperti manusia, semakin banyak hewan yang terinfeksi Covid-19, seperti kucing, anjing, harimau, dan gorilla. Kini laporan terbaru dari India mengatakan, bahwa seekor singa diduga telah mati karena Covid-19.

Seekor singa Asia berusia sembilan tahun telah mati karena virus corona di kebun binatang yang dikelola negara di pinggiran kota Chennai, India selatan.

Sebelumnya, para penjaga di kebun binatang menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak beres di antara singa-singa mereka, ketika beberapa singa mulai menunjukkan gejala-gejala, termasuk penurunan nafsu makan dan batuk pada minggu terakhir bulan Mei.

Baca juga: Batuk dan Bersin, 4 Singa di Kebun Binatang Barcelona Positif Covid-19

Mereka kemudian menindaklanjuti dengan sampel uji yang kemudian mengonfirmasi sembilan singa telah terinfeksi virus SARS-CoV-2.

“Sesuai hasil tes laboratorium yang diberikan oleh Institut, sampel sembilan singa dari 11 yang dikirim, telah dinyatakan positif SARS CoV-2,” demikian bunyi pernyataan dari pihak Taman Zoologi Arignar Anna dekat Vandalur, Chennai.

Seekor singa betina berusia 9 tahun, Neela, yang termasuk dalam sembilan singa positif Covid-19, telah mati karena penyakit itu pada malam 3 Juni.

“Singa betina itu tidak menunjukkan gejala, hanya keluar cairan hidung sehari sebelumnya (2 Juni) dan telah diobati sesuai gejala," tulis pihak kebun binatang.

Menurut petugas, kebun binatang ini memiliki sekitar 15 singa (delapan betina, tujuh jantan). Pihak kebun binatang, masih menunggu hasil tes Covid-19 keempat singa lainnya.

Pihak kebun binatang juga telah mengirimkan sampel pada Jumat (4/6/2021) ke Institut Penelitian Hewan India Bareilly dan Pusat Seluler dan Molekuler Biologi, Hyderabad, untuk memastikan apakah temuan yang dilaporkan bersifat positif palsu atau kematian Neela karena penyakit penyerta.

Baca juga: Bukan Kelelawar, Virus Corona Baru yang Terdeteksi di Malaysia dari Anjing

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com