Batuk dan Bersin, 4 Singa di Kebun Binatang Barcelona Positif Covid-19

Kompas.com - 10/12/2020, 12:02 WIB
Ilustrasi singa. Empat singa di Kebun Binatang Barcelona dinyatakan positif Covid-19. Ini menjadi kasus kedua di dunia, penularan virus corona SARS-CoV-2 pada kucing besar. WIKIMEDIA COMMONS/Benh LIEU SONGIlustrasi singa. Empat singa di Kebun Binatang Barcelona dinyatakan positif Covid-19. Ini menjadi kasus kedua di dunia, penularan virus corona SARS-CoV-2 pada kucing besar.


KOMPAS.com- Kasus infeksi virus corona SARS-CoV-2 kembali ditemukan pada hewan. Kali ini, empat singa di kebun binatang Barcelona dilaporkan positif Covid-19.

Dilansir dari BBC, Kamis (10/12/2020), selain keempat singa, dua staf kebun bintang juga dinyatakan terinfeksi virus SARS-CoV-2.

Keempat singa tersebut, tiga betina dan satu jantan dinyatakan positif Covid-19 setelah menunjukkan gejala ringan penyakit pernapasan.

Menurut pihak kebun bintang tersebut, sebagian besar gejala Covid-19 pada hewan ini menghilang, kecuali batuk dan bersin.

Investigasi pun dilakukan untuk mengetahui bagaimana hewan-hewan tersebut terinfeksi. Penjaga kebun binatang menggunakan metode swab test atau tes usap terhadap singa-singa tersebut, seperti yang dilakukan pada manusia.

Baca juga: Kamasutra Satwa: Singa Betina Bisa Kawin hingga 100 Kali dalam Sehari

 

Kemungkinkan hewan-hewan ini telah melakukan kontak dengan anggota staf yang tidak menunjukkan gejala.

Singa-singa tersebut kemudian dirawat dengan obat anti-inflamasi dan diawasi secara ketat.

Dalam sebuah pernyataan, singa-singa tersebut diberi perawatan hewan karena kondisi klinisnya relatif ringan, dan hewan-hewan ini merespons dengan baik.

Tertularnya kucing besar oleh virus corona baru adalah kasus kedua di dunia. Sebelumnya, kasus kucing besar positif Covid-19 juga dilaporkan terjadi di Kebun Binatang Bronx di Amerika Serikat.

Pada bulan April lalu, dilaporkan empat harimau dan tiga singa dinyatakan positif terinfeksi virus SARS-CoV-2.

Baca juga: Selamatkan Populasi, Begini Kehidupan Berbagai Singa dari Masa ke Masa

 

Salah satu harimau, Nadia, diyakini sebagai hewan pertama yang terinfeksi Covid-19 di Amerika Serikat.

Dengan perawatan yang dilakukan, semua hewan di Kebun Binatang Bronx akhirnya sembuh total.

Risiko penularan virus corona antara hewan dan pengunjung kebun binatang menjadi rendah setelah berkurangnya kedekatan.

"Sederhananya, tidak ada orang yang datang untuk melihat (singa) cukup dekat," kata pernyataan dari pihak Kebun Binatang Barcelona.



Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X