Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Bunga Rosella, Si Merah yang Kaya Antioksidan

Kompas.com - 15/05/2021, 19:34 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comRosella adalah bunga dari tanaman Hibiscus sabdariffa. Tanaman ini banyak tumbuh di negara tropis dan subtropis, seperti Afrika Utara dan Asia Tenggara. Bunganya banyak dikeringkan untuk dijadikan teh karena dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Teh rosella adalah teh herbal yang dibuat dengan menyeduh bunga rosella yang telah dikeringkan ke dalam air mendidih. Warna bunga dan air seduhan rosella akan terlihat merah gelap. Teh bunga rosella memiliki rasa seperti buah cranberry, terasa sedikit asam dan menyegarkan.

Penyajian teh bunga rosella juga sangat mudah. Anda bisa menambahkan pemanis sesuai selera Anda, seperti madu atau stevia. Teh bunga rosella bisa diminum dingin atau panas.

Selain dijual dalam bentuk bunga yang dikeringkan, rosella juga dijual dalm bentuk lain seperti serbuk dan dalam sediaan kapsul. Sehingga Anda bisa memilih cara paling mudah dan menyenangkan untuk mengonsumsi bunga rosella.

Dilansir dari Health Line (25/11/2017), terdapat manfaat bunga rosella bagi tubuh yang telah terbukti secara ilmiah. Berikut daftar manfaatnya.

Baca juga: Segudang Manfaat Teh Hijau, Bisa Jadi Alternatif Minum Kopi

Kaya akan antioksidan

Antioksidan adalah zat yang berkhasiat untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh Anda. Bunga rosella mengandung antioksidan yang tinggi dan bisa menangkal radikal bebas.

Salah satu antioksidan yang terkandung di dalam rosella adalah polifenol yang dikenal mampu menjadi zat antikanker.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Sebuah studi yang dipublikasikan melalui NCBI pada tahun 2009 menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi teh rosella secara rutin selama enam minggu terbukti mengalami penuruna tekanan darah yang signifikan.

Namun, teh rosella tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat hydrochlorothiazide. Ini merupakan obat diuretik yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Meminum teh rosella dengan obat ini bisa menimbulkan efek samping.

Menurunkan kadar lemak dalam darah

Beberapa studi menunjukkan bahwa manfaat bunga rosella bisa menurunkan kadar lemak dalam darah yang bisa memicu penyakit kardiovaskular. Selain itu, studi juga mencatat bahwa rosella bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Menjaga kesehatan liver

Dalam sebuah studi yang melibatkan orang dengan obesitas, teh bunga rosella bermanfaat untuk meningkatkan kondisi hepatik steatosis. Hepatik steatosis adalah kondisi dimana terdapat terlalu banyak sel lemak pada liver. Kondisi ini bisa menyebabkan gagal hati jika tidak ditangani.

Menurunkan berat badan

Berkaitan dengan menurunkan kadar lemak dalam darah dan hati, teh bunga rosella dipercaya bisa menurunkan berat badan. Namun, diperlukan studi lanjutan untuk mengetahui dosis yang diperlukan untuk mendapatkan efek menurunkan berat badan bagi seseorang.

Baca juga: Apakah Teh Bisa Menurunkan Berat Badan?

Memiliki fungsi antibakteri

Beberapa studi menunjukkan bahwa rosella menghambat pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi dalam tubuh manusia, seperti E. coli.

Mengontrol gula darah

Bunga rosella berkhasiat menurunkan gula darah pada pasien diabetes tipe 2. Pada sebuah studi yang dilakukan pada hewan pengerat, rosella mampu menurunkan gula darah pada hewan pengerat yang memiliki gula darah tinggi.

Namun, yang menarik, rosella tidak menurunkan kadar gula darah pada hewan pengerat yang memiliki gula darah normal.

Teh bunga rosella adalah minuman yang bebas kafein. Ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin minum minuman sehat namun tidak bisa atau sedang mengurangi konsumsi kafein seperti teh dan kopi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com