Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

160 Peti Mati Mesir Kuno, Beberapa Makam Mumi Disegel "Kutukan"

Kompas.com - 30/11/2020, 08:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- Selama tiga bulan terakhir, ada 160 peti mati kuno yang ditemukan di situs Saqqara, Mesir. Beberapa di antara peti berisi tersebut diketahui disegel dengan kutukan mumi.

Ribuan tahun silam, orang Mesir kuno dimakamkan di Saqqara, sebuah kota kuno bagi orang mati. Para pendeta akan menempatkan mereka yang telah meninggal di dalam kotak kayu setelah dimumikan.

Kotak tersebut dihiasi hieroglif dan sarkofagus disegel, lalu dikubur di pekuburan yang tersebar di atas dan di bawah pasir.

Dalam beberapa bulan terakhir ini, seperti dikutip dari Science Alert, Minggu (29/11/2020), para arkeolog telah menemukan 160 peti mati, yang rencananya akan disebarkan ke sejumlah museum di Mesir. Beberapa di antaranya juga dibuka, untuk memeriksa mumi yang ada di dalamnya.

Baca juga: Mumi-mumi di Mesir Terus Bermunculan, Kini Jumlahnya Lebih dari 100

 

Menurut ahli, beberapa makam Saqqara memiliki kutukan yang tertulis di dinding. Kutukan ini sepertinya merupakan peringatan bagi para penyusup.

Peringatan bagi perampok makam mumi

Egyptologist di American University di Kairo, Salim Ikram pada tahun lalu menganalisis beberapa mumi hewan yang ditemukan di Saqqara.

Ikram mengatakan 'kutukan' yang dimaksudkan adalah peringatan yang tertulis di makam itu sebagian besar berfungsi untuk mencegah penyusup yang bermaksud menodai tempat peristirahatan mumi.

Baca juga: Arkeolog Temukan Mumi Remaja di Luxor, Terkubur dengan Perhiasan Mewah

 

"Mereka umumnya menyatakan bahwa jika kuburan dimasuki oleh orang yang tidak suci (baik tubuh atau niat), maka semoga para dewa menghukum para pelanggar dan meremas lehernya seperti angsa," tulis Ikram dalam email kepada Business Insider.

Ikram menjelaskan salah satu kutukan yang ditemukan di makam Perdana Menteri Ankhmahor, seorang pejabat firaun yang hidup lebih dari 4.000 tahun yang lalu, selama dinasti ke-6 Mesir.

Ia dimakamkan di mastaba, kuburan di atas tanah berbentuk kotak persegi panjang.
Mastabas serupa dibangun di seluruh Mesir, termasuk di dekat piramida Giza.

Kutukan yang tertulis di makam Saqqara itu dimaksudkan untuk melindungi Ankhmahor, untuk memperingatkan siapapun yang melakukan pelanggaran terhadap makam mumi tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com