Kompas.com - 19/11/2020, 09:05 WIB

KOMPAS.com - Pada September lalu, dunia dikejutkan dengan penemuan 13 peti mati berisi mumi di dalamnya. Temuan itu terbilang menyita perhatian publik lantaran jumlahnya yang cukup banyak.

Namun, penemuan peti mati di situs Saqqara, Mesir, ini tampaknya belum berakhir. Setelah Oktober, jumlah peti mati yang ditemukan makin banyak dan kini jumlah tersebut masih terus bertambah.

Baca juga: Peneliti Ungkap Isi di Balik Mumi Mesir Kuno Berselimut Semen

Seperti dikutip Live Science, Rabu (18/11/2020), bulan ini arkeolog Kementerian Purbakala Mesir kembali menemukan peti mati sehingga sekarang jumlahnya lebih dari 100.

Pihak berwenang pun mengaku belum mengetahui total jumlah mumi yang akan ditemukan di situs Saqqara tersebut. Meski begitu, terungkapnya peti-peti mati berisi mumi ini menjadi hal yang istimewa karena banyak peti yang sebelumnya telah dijarah.

"Orang-orang bertanya berapa banyak peti mati yang kami temukan. Jawabannya adalah saya belum tahu," kata Mustafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Barang Purbakala Mesir.

Tak hanya menemukan peti mati berisi mumi, di dalam situs pemakaman, tim arkeolog juga mengungkap keberadaan 40 patung yang menggambarkan dewa "Ptah-Soker". Dewa ini adalah gabungan dari "Ptah" yang merupakan dewa Memphis dan "Soker" yang merupakan dewa Saqqara.

Arkeolog juga menemukan 20 kotak kayu yang menunjukkan gambaran Horus, dewa langit Mesir dengan kepala elang.

Selain itu, terdapat pula dua patung kayu bertuliskan nama "Phnomus", tetapi peneliti belum mengetahui siapa orang tersebut.

Baca juga: Peneliti Ungkap Misteri Mumi Menjerit dari Masa Mesir Kuno, Ini Penjelasannya

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.