Kompas.com - 18/11/2020, 17:30 WIB


KOMPAS.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Senin lalu (16/11) mengumumkan munculnya virus hewan yang mematikan dan dapat menyebar di antara manusia.

Virus tersebut diketahui sebagai virus Chapare, yang termasuk dalam keluarga arenavirus. Biasanya, virus ini menyebar ke manusi melalui kontak langsung dengan hewan pengerat yang terinfeksi atau secara tidak langsung melalui urine dan feses hewan pengerat yang terinfeksi.

Virus ini memunculkan gejala demam, sakit perut, muntah, gusi berdarah, ruam kulir, dan nyeri di belakang mata.

Baca juga: Bagaimana Vaksin Membunuh Virus?

Hingga saat ini, ada dua wabah virus Chapare yang dikonfirmasi. Penyakit mirip Ebola ini muncul di pedesaan provinsi Chapare di Bolivia pada 2004 dan kemudian menghilang.

Namun muncul kembali pada 2019 di Provinsi Caranavi, Bolivia, yang kemudian menyebabkan lima orang terjangkit virus tersebut.

Tidak ada wabah aktif Chapare pada tahun 2020, dan bahkan jika terjadi wabah lebih lanjut, menurut para ahli, virus tersebut kemungkinan tidak akan menyebabkan pandemi.

Namun, ada alasan untuk khawatir tentang berita tersebut. Pasalnya, tiga dari lima pasien yang dikonfirmasi dari wabah 2019 adalah petugas kesehatan.

Disebutkan dalam pernyataan CDC, mereka adalah seorang residen medis muda, seorang tenaga medis ambulans, dan ahli gastroenterology. Semuanya tertular Chapare setelah kontak dengan cairan tubuh dari pasien yang terinfeksi. Dan dua dari mereka meninggal.

Baca juga: Infeksi Ulang Covid-19 Meningkat, Ancam Kekebalan pada Virus

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.