Ilmuwan Teliti Kerusakan DNA, Benarkah Merokok Penyebab Kanker Kandung Kemih?

Kompas.com - 29/04/2020, 19:32 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Selama ini merokok dianggap sebagai salah satu pemicu dan penyebab kanker. Para ilmuwan menciptakan kembali kerusakan DNA akibat merokok untuk memahami penyebab kanker kandung kemih.

Dalam sebuah penelitian, seperti dilansir dari Science Daily, Rabu (29/4/2020), para peneliti telah menciptakan kembali bagaimana racun dari asap rokok menyebabkan pola kerusakan DNA yang unik.

Penelitian ini dilakukan para ilmuwan di University of York, Inggris. Penemuan tersebut diharapkan dapat membantu ilmuwan dalam memahami penyebab kanker kandung kemih dan kaitannya dengan merokok.

Sejauh ini, penyebab kanker kandung kemih sebagian besar masih belum diketahui. Akan tetapi, merokok dianggap sebagai faktor risiko utama penyakit ini.