Selain Demam, Batuk, Sesak Napas, Berikut 6 Gejala Baru Virus Corona

Kompas.com - 29/04/2020, 16:32 WIB
Ilustrasi menggigil, gejala baru virus corona. Shutterstock/fizkesIlustrasi menggigil, gejala baru virus corona.

KOMPAS.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengonfirmasi enam gejala Covid-19, penyakit yang disebabkan virus corona SARS-CoV-2.

Salah satu kesulitan dalam mengendalikan pandemi Covid-19 adalah gejala yang tidak jelas dan beragam yang ditunjukkan oleh pasien terinfeksi.

Dengan masa inkubasi sekitar lima hari, orang yang terinfeksi virus corona bisa menularkan penyakit ke orang lain, jauh sebelum mereka menyadari terinfeksi dan menunjukkan gejala.

Kondisi kesehatan orang yang terinfeksi corona bisa berbeda satu dengan yang lain. Bisa saja pasien positif Covid-19 mengalami pneumonia atau peradangan paru-paru akut, sementara yang lain tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Hal inilah yang membuat identifikasi virus corona sangat sulit.

Baca juga: Lebih dari 2.200 Orang dengan Gejala Corona Meninggal, Apa yang Terjadi?

Sebelumnya disebutkan gejala utama Covid-19 adalah demam, batuk, dan sesak napas.

Ketika pandemi terus berlangsung, gejala-gejala baru dari pasien terinfeksi bermunculan. Hal inilah yang membuat CDC menambahkan enam gejala baru untuk Covid-19.

Enam gejala baru itu meliputi:

  • Panas dingin
  • Badan gemetar berulang kali disertai menggigil
  • Nyeri otot
  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan
  • Kehilangan kemampuan mencium bau dan mengecap rasa

Dilansir IFL Science, Senin (27/4/2020), enam gejala baru itu merupakan indikator penting dalam pemeriksaan Covid-19, selain tiga gejala lain (demam, batuk, dan sesak napas) yang sudah dikenal sebelumnya.

Gejala lain yang telah dikaitkan dengan penyakit ini termasuk diare, ruam pada kulit dan kelelahan, serta gejala yang biasa dialami selama musim demam seperti pilek dan mata merah, sehingga sulit untuk membedakan antara keduanya.

Beberapa orang yang terinfeksi Covid-19 mungkin tanpa gejala, tapi mereka tetap dapat menularkan penyakit tersebut kepada orang lain.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X