Saat Berpuasa, Ini Waktu yang Tepat untuk Olahraga

Kompas.com - 29/04/2020, 17:02 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Meski tengah berpuasa, kebugaran tubuh tetap harus terjaga. Apalagi kita tengah berada di pandemi global Covid-19, di mana kesehatan dan imunitas tubuh sangat dibutuhkan.

Oleh karena itu, di tengah pandemi dan bulan Ramadhan, olahraga merupakan aktivitas yang tidak boleh terlewatkan.

Namun perlu diingat, Anda perlu mengatur waktu serta jenis dan intensitas olahraga. Olahraga berat di jam-jam sebelum berbuka puasa tentu akan membuat tubuh lemas, dan berpotensi untuk makan berlebihan ketika jam berbuka.

Jenis olahraga

Jenis olahraga seperti apa yang cocok dilakukan saat berpuasa? Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dr Michael Triangto, Sp.KO menyebutkan jenis olahraga yang dilakukan tergantung pada tujuan masing-masing orang.

“Ada yang bertujuan untuk kesehatan, ada yang rekreasi, ada juga yang prestasi,” tutur Michael kepada Kompas.com, Rabu (29/4/2020).

Jika seseorang berolahraga untuk tujuan rekreasi atau prestasi (seperti atlet), lanjut Michael, jenis olahraga yang dilakukan termasuk intensitas berat.

Baca juga: Ke Mana Perginya Lemak yang Terbakar Saat Olahraga?

Contoh olahraga intensitas berat antara lain lari, freeletics, angkat beban, dan sebagainya.

Sementara itu, bagi Anda yang berolahraga dengan tujuan kesehatan serta meningkatkan sistem imun, lakukanlah olahraga intensitas ringan hingga sedang.

American College of Sports Medicine (ACSM) merilis kurva berbentuk huruf J yang merepresentasikan hubungan intensitas olahraga dengan risiko infeksi.

Ilustrasi olahragashutterstock Ilustrasi olahraga

Olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang memiliki risiko infeksi yang sedikit. Sementara itu, olahraga intensitas berat memiliki risiko infeksi yang tinggi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X