Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perputaran Uang Empat Hari HUT REI di Labuan Bajo Tembus Rp 100 Miliar

Kompas.com - 28/04/2024, 22:26 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perputaran uang selama empat hari penyelenggaraan HUT ke-52 Persatuan Perusahaan Real Estat Indonesia (REI) di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) mencapai Rp 100 miliar.

Ketua Umum DPP REI Joko Suranto menyampaikan hal itu kepada para awak media, usai perayaan HUT ke-52, Minggu (28/4/2024).

Baca juga: Pemerintah Apresiasi Peran Besar REI di Sektor Perumahan

"Perhelatan ini diadakan sejak 25 April hingga 27 April 2024 yang diikuti hampir 1.000 orang anggota dan keluarga besar REI dari seluruh Indonesia. Nilai perputaran uang sekitar Rp 100 miliar," tutur Joko.

Joko mengeklaim, REI-lah satu-satunya organisasi swasta pertama yang mampu membawa pengaruh besar terhadap industri pariwisata Kabupaten Manggarai Barat, selain tentu saja event-event skala nasional dan internasional yang dihelat Pemerintah.

Betapa tidak, dari perayaan hari jadi tersebut, ada banyak sektor ikutan yang mendapat keuntungan.

Sebut saja sektor perhotelan, kuliner, kerajinan tangan (craft), transportasi, jasa hiburan, event organizer, penampil hiburan, tour and travel services, MICE, dan lain-lain.

Baca juga: Rumah Kreasi Nusantara, Dukungan REI bagi Pengembangan Pariwisata Kreatif

Hal senada disampaikan Ketua DPD REI Nusa Tenggara Timur Bobby Pitoby. Menurutnya, secara individual, komponen terbesar adalah acara gala dinner yang berlangsung di Marina Waterfront.

Diikuti oleh biaya akomodasi (perhotelan), biaya konsumsi dan oleh-oleh. Kemudian biaya tour ke Taman Nasional Komodo, dan lain sebagainya.

"Ini sangat membantu perekonomian sekaligus berkontribusi terhadap penerimaan asli daerah (PAD) Kabupaten Manggarai Barat," imbuh Bobby.

Dia berharap pergelaran yang melibatkan banyak sumber daya ini bisa mengungkit gairah sektor pariwisata, dan properti secara umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com