Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Mudik, 21.937 Kendaraan Lewati GT Benda Utama Menuju Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 08/04/2024, 09:44 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division (JMT) mencatat, sebanyak 21.937 kendaraan melintasi Gerbang Tol (GT) Benda Utama menuju Bandara Soekarno-Hatta pada puncak arus mudik Lebaran atau 6 April 2024.

Jumlah kendaraan melintas ini naik 18,3 persen dibandingkan kondisi normal dengan 18.544 kendaraan.

Sementara di GT Cengkareng, tercatat 84.562 kendaraan melintas pada periode yang sama atau naik 9,62 persen dibandingkan lalu lintas normal sebanyak 77.143 kendaraan.

Untuk mengantisipasi peningkatan volume kendaraan selama arus mudik Lebaran, PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) menyiagakan petugas di titik-titik krusial, khususnya di GT.

Untuk mengantisipasi lonjakan pengguna jalan, PT JKC juga menambah penggunaan mobile reader dari sebelumnya 9 unit menjadi 14 unit.

Dilakukan juga penambahan oblique approach booth (OAB) atau gardu miring dengan mobile reader sebanyak 4 lajur untuk menambah kapasitas transaksi di GT Benda Utama.

Baca juga: Ditargetkan Tuntas Akhir 2024, Ini Progres Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap 1

Untuk memastikan lalu lintas berjalan baik, PT JKC juga melakukan penyiagaan armada pelayanan seperti mobile customer service, mobil rescue, mobil derek, ambulans, hingga mobile pump untuk antisipasi genangan akibat perubahan cuaca.

Selain itu, PT JKC juga memastikan keberfungsian 59 unit CCTV, 2 unit speed camera, hingga 10 unit dinamic message sign (DMS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com